7 Gelandang Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 29 Desember 2022
7 Gelandang Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022
Luka Modric menjadi salah satu gelandang terbaik sepanjang tahun 2022. (Twitter)

BolaSkor.com - Sepanjang tahun 2022, banyak pemain yang bersinar dan mencuri perhatian dunia. Beberapa di antaranya berposisi sebagai gelandang.

Gelandang memang posisi yang krusial dalam sepak bola. Mereka dianggap sebagai poros permainan suatu tim.

Tak heran jika gelandang dianggap sebagai pemain yang paling cerdas jika dibandingkan posisi lainnya. Apalagi dengan semakin majunya perkembangan taktik dan strategi sepak bola.

Baca Juga:

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Kamar Hotel Lionel Messi di Qatar Dijadikan Museum Mini

Sang Agen Akui Karim Benzema Diusir dari Timnas Prancis

Bawa Argentina Juara Dunia, Jurgen Klopp Takjub dengan Lionel Messi

BolaSkor.com telah merangkum tujuh gelandang terbaik dunia sepanjang tahun 2022. Berikut ini rangkumannya:

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne layak menyandang status sebagai salah satu gelandang terbaik dunia saat ini. Hal itu tak lepas dari performa yang ditunjukkannya bersama Manchester City.

De Bruyne menjadi sosok kunci kesuksesan Manchester City menjuarai Premier League musim lalu. koleksi 15 gol dan delapan assist menjadi buktinya.

Memasuki musim baru, kualitas De Bruyne kian menonjol. Ia sejauh ini sudah mengoleksi tiga gol dan 15 assist dari 21 laga di semua kompetisi.

De Bruyne memang gagal membawa Belgia berbicara banyak di Piala Dunia 2022. Namun hal itu tak lepas dari tak maksimalnya performa rekan setim yang lain.


Luka Modric

Luka Modric memang sudah tak muda lagi. Namun level permainannya tak terlihat mengalami penurunan.

Modric berkontribusi besar dalam kesuksesan Real Madrid mengawinkan gelar LaLiga dan Liga Champions musim lalu. Assist ajaib dan gol-gol krusial tak jarang ia berikan.

Penampilan Modric juga tetap konsisten memasuki musim 2022-2023. Sejauh ini sudah sudah membukukan lima gol dan dua assist dari 18 laga di semua kompetisi.

Kualitas Modric kian terlihat setelah sukses membawa Kroasia menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2022. Salah satu penampilan terbaiknya tersaji saat menyingkirkan Brasil pada perempat final.


Bruno Fernandes

Manajer Manchester United boleh berganti. Namun peran Bruno Fernandes sebagai kreator serangan Setan Merah tak berubah.

Fernandes tetap mampu membukukan 10 gol dan 14 assist sepanjang musim lalu. Padahal performa Manchester United sangat memprihatinkan.

Kini di bawah asuhan Erik ten Hag, Fernandes mencoba bangkit. Kepergian Cristiano Ronaldo secara tak langsung membuatnya kembali menjadi poros serangan Manchester United.

Fernandes juga tampil impresif di Piala Dunia 2022. Ia berhasil membukukan dua gol dan tiga assist meski Portugal harus tersingkir di Perempat final.


Joshua Kimmich

Tak lengkap rasanya untuk tak memasukkan nama Joshua Kimmich dalam daftar gelandang terbaik dunia tahun ini. Penampilannya memang sangat konsisten.

Andai tak cedera, Kimmich hampir pasti selalu menjadi andalan di lini tengah Bayern Munchen. Perannya sebagai gelandang bertahan nyaris tak tergantikan.

Sepanjang musim ini, Kimmich baru absen satu kali. Ia tercatat sudah membukukan tiga gol dan enam assist dari 23 laga di semua kompetisi.


Marco Verratti

Mirip seperti Kimmich, penampilan Marco Verratti juga sangat konsisten. Tak heran gelandang milik Paris Saint-Germain (PSG) itu kerap diminati klub-klub besar lainnya.

Verratti memang menjadi salah satu gelandang tengah yang langka. Kemampuannya dalam membantu penyerangan dan pertahanan sama baiknya.


Casemiro

Casemiro turut berperan penting membantu Real Madrid meraih dua gelar bergengsi pada musim lalu. Namun memasuki musim baru, dirinya membuat keputusan mengejutkan dengan pindah ke Manchester United.

Casemiro sempat kesulitan menembus tempat utama di skuat Manchester United. Ia memang butuh waktu untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris.

Namun hal itu tak berlangsung lama. Dirinya kini menjelma menjadi gelandang bertahan andalan Manchester United.


Jude Bellingham

Jude Bellingham mengalami perkembangan pesat sejak pindah ke Borussia Dortmund dua tahun. Tak heran jika kini banyak klub-klub besar yang memburunya.

Bellingham kini memang dipandang sebagai salah satu gelandang paling berprospek di Eropa. Ia memiliki postur tubuh ideal, skill individu mumpuni, dan kecerdasan bermain di atas rata-rata.

Hal itu membuatnya menjadi salah satu pemain kunci Borussia Dortmund dan Timnas Inggris di Piala Dunia 2022. Padahal usianya baru menginjak 19 tahun.

Premier League Serie a LaLiga Ligue 1 Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan