7 Hal Menarik Mengenai Rekrutan Anyar Barcelona, Oriol Romeu

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 19 Juli 2023
7 Hal Menarik Mengenai Rekrutan Anyar Barcelona, Oriol Romeu
Oriol Romeu (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona kembali mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas 2023. Menyusul kedatangan Ilkay Gundogan dan Inigo Martinez adalah gelandang asal Spanyol berusia 31 tahun, Oriol Romeu.

"FC Barcelona dan Girona FC telah mencapai kesepakatan untuk transfer pemain Oriol Romeu. Sang pemain akan menandatangani kontrak dengan klub untuk tiga musim berikutnya, hingga 30 Juni 2026, dan klausul pembeliannya ditetapkan sebesar 400 juta euro," tutur pernyataan di situs resmi Barcelona.

Barcelona mengeluarkan 5 juta euro untuk memboyongnya dari Girona. Berposisi sebagai gelandang bertahan, Romeu diplot sebagai pengganti Sergio Busquets yang pergi ke Inter Miami setelah kontraknya berakhir.

Baca Juga:

Maaf Barcelona, Arda Guler Lebih Pilih Hengkang ke Real Madrid

12 Tahun Berlalu, Oriol Romeu Resmi Kembali ke Barcelona

5 Hal Menarik yang Belum Banyak Diketahui soal Inigo Martinez, Bek Baru Barcelona

Romeu tidak asing lagi dengan Barcelona dan begitu juga sebaliknya. Menilik informasi dari laman resmi Barcelona, berikut hal-hal menarik yang perlu diketahui dari Oriol Romeu:

1. Latar Belakang

Oriol Romeu lahir di Kota Ulldecona, Katalunya, pada 24 September 1991. Dia tidak pernah mengenakan jersey Barcelona sejak tampil untuk Barcelona B melawan Rayo Vallecano pada Juni 2011, kala Luis Enrique melatih tim cadangan.

Beberapa pekan sebelumnya, Romeu juga bermain di tim utama Barcelona melawan Deportivo, ketika tim dilatih Pep Guardiola.

Pasca pergi dari Barcelona pada 2011, Romeu bermain sembilan tahun di Premier League (dua tahun dengan Chelsea dan tujuh tahun bersama Southampton), dua tahun di LaLiga (satu dengan Valencia dan satu bersama Girona), serta satu tahun dengan Stuttgart di Bundesliga.

2. Dilatih Banyak Pelatih

Selain Enrique dan Guardiola, Romeu juga terbiasa bekerja di bawah banyak pelatih. Di Chelsea, dia jadi starter di bawah arahan Andre Villas-Boas dan kemudian tak banyak bermain kala dibesut Rafael Benitez.

Romeu juga pernah memenangi Liga Champions bersama Chelsea di era Roberto Di Matteo. Pun demikian di Valencia dan Stuttgart, sebelum dibesut Michel musim lalu di Girona.

3. Bangkit Bersama Southampton

Tidak terlalu disorot kala membela Chelsea, Romeu menjadi pemain underrated dan berharga bagi Southampton selama tujuh tahun di sana, menjadi pemain dengan jumlah catatan laga tertinggi ke-11 klub.

Romeu juga berada di peringkat enam pada catatan merebut bola paling sering pada periode tersebut (2015-2022). Di sana, Romeu bermain reguler dan pernah dilatih legenda Barcelona, Ronald Koeman, dan juga pernah dibesut Claude Puel. Sayang, Southampton degradasi dari Premier League.

4. Satu Tim dengan Nama-nama Top

Romeu juga pernah berbagi kamar ganti pemain dengan nama-nama tenar. Misalnya di Chelsea, dengan Fernando Torres, Petr Cech, John Terry, Frank Lampard, dan Didier Drogba.

Sedangkan di Southampton ia bermain dengan Virgil van Dijk, Sadio Mane, Danny Ings, dan Theo Walcott. Kemudian di Valencia bersama Jeremy Mathieu, Seydou Keita, Paco Alcacer, Dani Parejo, dan Sergio Canales.

5. Comeback ke Barcelona

Kembalinya Romeu ke Barcelona menambah panjang daftar pemain yang kembali bermain di Camp Nou. Contoh lainnya adalah Hristo Stoichkov, Gerard Lopez, Gerard Pique, Cesc Fabregas, Jordi Alba, dan belakangan ada Eric Garcia, Dani Alves, Adama Traore, dan Hector Bellerin.

6. Dari Chelsea ke Barcelona

Dalam skuad terkini arahan Xavi Hernandez, Romeu jadi pemain ketiga yang datang dengan masa lalu pernah membela Chelsea. Selain dia ada juga Marcos Alonso dan Andreas Christensen.

Sementara pemain lain yang pernah membela kedua klub adalah Mark Hughes, Albert Ferrer, Winston Bogarde, Boudewijn Zenden, Emmanuel Petit, Ricardo Quaresma, Juliano Belletti, Deco, Samuel Eto’o, Eidur Gudjohnsen, Pedrito, Cesc Fabregas, Marc Cucurella dan Pierre-Emerick Aubameyang.

7. Alumni Usia Muda Timnas Spanyol

Romeu pernah bermain untuk timnas Spanyol usia muda dari U-17, U-19, U-20, U-21, hingga U-23, dan ia juga pernah bermain di Olimpiade London 2012 - skuad yang sama dengan pemain Barcelona, Inigo Martinez.

Dalam tim itu juga ada Jordi Alba, Cristian Tello, Martin Montoya, dan Alberto Botia. Romeu juga memenangi Piala Eropa U-17 pada 2008 di Turki.

Oriol Romeu Barcelona FC Barcelona LaLiga Trivia Sepak Bola Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.413

Bagikan