7 Kejadian Menarik di Babak Penyisihan Grup Piala AFF 2022

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 05 Januari 2023
7 Kejadian Menarik di Babak Penyisihan Grup Piala AFF 2022
Teerasil Dangda. (FAT)

BolaSkor.com - Piala AFF 2022 memasuki babak semifinal. Ada empat tim yang memastikan lolos ke semifinal, yakni Thailand, Indonesia, Vietnam, dan Malaysia.

Thailand keluar sebagai juara Grup A setelah mengantongi 10 poin dari 4 laga. The War Elephants (+11) unggul selisih gol dari Indonesia (+9) sebagai runner-up Grup A.

Sedangkan Vietnam menjadi juara Grup B setelah mengantongi 10 poin dari 4 laga. Ditemani Malaysia dengan 9 poin dari 4 laga sebagai runner-up Grup B.

Baca Juga:

Vietnam Belum Kebobolan di Fase Grup, Shin Tae-yong Beri Tanggapan

Belum Pernah Menang di Level Timnas Lawan Park Hang-seo, Shin Tae-yong: Sekarang Waktunya

Alhasil sesuai bagan, Thailand menghadapi Malaysia di semifinal. Sedangkan Vietnam berjumpa Indonesia.

Semifinal Piala AFF 2022 dimainkan dengan format kandang-tandang. Runner-up grup terlebih dahulu menjamu para juara grup (6 dan 7 Januari). Setelah itu, para juara grup menjamu runner-up grup (9 dan 10 Januari).

Sebelum masuk ke babak semifinal, ada banyak kejadian menarik yang terjadi di fase grup. Apa aja itu? Berikut rangkumannya:

1. Kamboja Kalahkan Filipina

Kamboja
Timnas Kamboja. (AFF)

Kamboja di luar dugaan berhasil mengalahkan Filipina 3-2 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Selasa (20/12).

Kamboja yang tampil di markas sendiri langsung tampil menggebrak. Reung Bunheing dan Orn Chanpolin membawa Pasukan Angkor unggul di 20 menit pertama.

Namun, Filipina berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 setelah Kenshiro Daniels mencatatkan namanya di papan skor pada menit 41.

Filipina sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol kedua Kenshiro Daniels menit 55. Kemenangan Kamboja di laga ini ditentukan oleh Reung Bunheing di menit ke-59. Skor menjadi 3-2 untuk Kamboja.

2. Fachruddin Aryanto Cetak Rekor

Fachruddin Aryanto
Fachruddin Aryanto. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

Fachruddin Aryanto jadi pemain pertama Timnas Indonesia yang tampil di enam edisi Piala AFF (2012 , 2014, 2016, 2018, 2020, dan 2022). Jadi yang paling banyak di antara para pemain Timnas Indonesia manapun.

Hal ini seiring kapten Timnas Indonesia itu turun sebagai starter saat mengalahkan Kamboja 2-1, pada laga perdana Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12).

3. Debut Resmi Jordi Amat bersama Timnas Indonesia

Jordi Amat
Aksi bek Timnas Indonesia, Jordi Amat melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Jordi Amat menjalani debut resminya bersama Timnas Indonesia, saat mengalahkan Kamboja 2-1, pada laga perdana Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12). Ia tampil penuh selama 90 menit.

4. Teerasil Dangda Tak Berhenti Cetak Gol

Teerasil Dangda
Teerasil Dangda bobol gawang Myanmar. (FAT)

Teerasil Dangda terus menambah pundi-pundinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala AFF. Ia sudah mencetak 24 gol saat ini dari lima edisi Piala AFF.

Rincian Gol Teerasil Dangda di Piala AFF:

Piala AFF 2008: 4 Gol (Top Skorer)

Piala AFF 2012: 5 Gol (Top Skorer)

Piala AFF 2016: 6 Gol (Top Skorer)

Piala AFF 2020: 4 Gol (Top Skorer)

Piala AFF 2022: 5 Gol Sejauh Ini

Uniknya, Teerasil Dangda hanya tak bisa membobol gawang Timnas Indonesia di fase Grup A Piala AFF 2022. Ia mencetak gol ke gawang Filipina, Brunei Darussalam, dan Kamboja

5. Bus Timnas Thailand Pecah Ulah Suporter Timnas Indonesia

Thailand
Kaca bus timnas Thailand Pecah jelang lawan Indonesia. (Twitter)

Ada insiden tak mengenakan terjadi jelang laga Timnas Indonesia lawan Thailand, pada laga ketiga Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12).

Bus timnas Thailand mengalami retak kaca di perjalanan menuju SUGBK. Di mana ini akibat suporter Indonesia yang mengepung bus Timnas Thailand.

Salah satu ofisial timnas Thailand merekam kejadian ini hingga viral di media sosial. Di mana bus timnas Thailand dikepung suporter Timnas Indonesia.

Mereka melayangkan gestur jari tengah. Hingga akhirnya ada terdengar seperti suara 'gedor-gedor' tangan hingga kaca bus timnas Thailand retak.

6. Stephan Schrock Pensiun

Stephan Schrock
Stephan Schrock. (Instagram)

Laga Filipina kontra Timnas Indonesia, pada babak Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1), menjadi akhir karier Stephan Schrock di pentas internasional. Ia memutuskan pensiun dari timnas Filipina.

Data Soccerway, pemain berumur 36 tahun itu menjalani 45 caps bersama Filipina di berbagai ajang resmi. Laga debutnya terjadi pada 29 Juni 2011 saat Filipina jumpa Sri Lanka di Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia.

7. Vietnam Belum Kebobolan

Vietnam
Timnas Vietnam. (AFF)

Vietnam melaju ke semifinal sebagai juara Grup B dengan 10 poin dari 4 laga. The Golden Stars belum kebobolan sama sekali.

Vietnam menang atas Laos (6-0), Malaysia (3-0), dan Myanmar (3-0), serta imbang 0-0 lawan Singapura. Total The Golden Stars mencetak 12 gol.

Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto Jordi Amat Teerasil Dangda Thailand Timnas Thailand Vietnam Timnas vietnam Kamboja Timnas kamboja Filipina Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan