7 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 27 Desember 2022
7 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022
Emiliano Martinez menjadi kiper terbaik di Piala Dunia 2022. (Twitter)

BolaSkor.com - Tahun 2022 telah memasuki hari-hari terakhirnya. Selama hampir 12 bulan juga, telah muncul kiper-kiper tangguh yang mewarnai dunia sepak bola.

Peran seorang kiper memang kian dianggap penting dalam permainan sepak bola di era modern ini. Tugas mereka sekarang tak hanya menahan tembakan lawan.

Evolusi taktik dan strategi membuat sejumlah pelatih coba memaksimalkan peran kiper. Salah satunya yaitu memberi mereka tanggung jawab untuk lebih banyak memainkan bola dengan kaki dan menjadi pengawal serangan.

Baca Juga:

5 Kiper Terbaik di Piala Dunia 2022

Emiliano Martinez, Manusia Paling Dibenci di Dunia dan Banyak Dikritik

5 Kiper yang Siap Bersinar di Piala Dunia 2022

Meski begitu, baik atau tidaknya seorang kiper tetap dilihat dari jumlah kebobolan dan aksi-aksi penyelamatannya. BolaSkor.com telah merangkum tujuh kiper terbaik dunia sepanjang tahun 2022 seperti di bawah ini:

Thibaut Courtois

Thibaut Courtois memang gagal membawa Belgia melaju jauh di Piala Dunia 2022. Namun hal itu tak mengubah fakta dirinya masih merupakan salah satu kiper terbaik dunia.

Courtois memainkan peran penting dalam kesuksesan Real Madrid mengawinkan gelar LaLiga dan Liga Champions musim lalu. Performanya juga masih konsisten memasuki musim baru.


Alisson Becker

Alisson Becker memiliki paket lengkap untuk menjadi kiper terbaik dunia saat ini. Selain piawai menghalau tembakan lawan, ia mampu membangun serangan timnya dengan baik.

Tak heran jika Liverpool dan Timnas Brasil sangat mengandalkannya. Absennya Alisson akan mempengaruhi performa tim secara keseluruhan.

Secara prestasi sepanjang tahun 2022, Alisson memang hanya mampu mempersembahkan trofi Piala Liga untuk Liverpool. Namun ia juga sempat membawa The Reds melaju ke final sebelum ditaklukkan Real Madrid.

Pada ajang Piala Dunia 2022, Alisson tampil prima mengawal gawang Brasil. Sayang dirinya gagal menjadi penyelamat Tim Samba saat melakoni adu penalti kontra Kroasia pada perempat final.


Emiliano Martinez

Kesuksesan membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 membuat Emiliano Martinez masuk dalam jajaran kiper elite. Kontribusinya memang sangat besar dalam turnamen yang berlangsung di Qatar.

Martinez memang menjadi kepingan akhir yang dicari Timnas Argentina untuk kembali berjaya. Selama bertahun-tahun lamanya, sektor kiper memang menjadi titik lemah.

Namun Martinez mampu memberikan rasa aman di bawah mistar. Hal itu ditambah dengan ketenangannya saat melakoni adu penalti.

Ta heran jika Martinez mulai dikaitkan dengan tim-tim besar. Saat ini dirinya memang hanya memperkuat Aston Villa.


Ederson Moraes

Dominasi Manchester City di Premier League dalam beberapa musim terakhir tak lepas dari peran seorang Ederson Moraes. Kiper berkebangsaan Brasil itu begitu diandalkan sang manajer, Pep Guardiola.

Kemampuan utama Ederson adalah distribusi bola pendek dan panjang yang akurat. Hal itu memang merupakan salah satu syarat kiper yang dibutuhkan Guardiola.

Namun Ederson juga sangat tangguh dalam situasi satu lawan satu. Keberaniannya keluar sarang untuk memotong bola juga menjadi keunggulan lain.


Marc-Andre ter Stegen

Marc-Andre ter Stegen memang masih kesulitan menggeser posisi Manuel Neuer dari posisi kiper nomor satu Timnas Jerman. Padahal penampilannya bersama Barcelona sangat konsisten sepanjang satu tahun terakhir.

Ter Stegen sudah membukukan 11 cleansheet dari 14 laga LaLiga musim ini. Gawangnya hanya kebobolan tiga gol dalam periode tersebut.


Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma memang gagal membawa Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Namun reputasinya sebagai salah satu kiper terbaik dunia tetap terjaga.

Donnarumma menunjukkan performa maksimal bersama Paris Saint-Germain (PSG) pada musim 2022-2023. Ia mampu mencatatkan sembilan cleansheet dari 15 laga perdana Ligue 1.

Status kiper nomor satu PSG pun kini berada dalam genggamannya. Bukan tidak mungkin dirinya membantu Les Parisiens mengakhiri masa penantian untuk menjuarai Liga Champions.


Yassine Bounou

Nama Yassine Bounou mungkin belum terlalu familiar di telinga pecinta sepak bola. Namun performa pemain milik Sevilla itu dalam setahun terakhir layak membuatnya masuk dalam jajaran kiper terbaik dunia.

Bounou mampu meraih trofi Zamora pada ajang LaLiga 2021-2022. Ia memenangkan penghargaan kiper terbaik itu dengan mengalahkan Thibaut Courtois.

Sinar Bounou semakin terang saat tampil bersama Timnas Maroko di Piala Dunia 2022. Penampilan heroiknya membuat Singa Atlas mampu melaju hingga semifinal.

Sebelum mencapai semifinal, tidak ada pemain lawan yang mampu membobol gawang Bounou. Namun kiper berusia 31 tahun itu gagal menjaga keperawanan timnya saat berhadapan dengan Prancis dan Kroasia hingga membuat Maroko finis di peringkat keempat.

Kiper Gianluigi Donnarumma Yassine bounou Emiliano Martinez Alisson Becker Ederson Thibaut courtois Marc-Andre ter Stegen Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan