BolaSkor.com Begitu banyak perpindahan pemain yang melibatkan nama besar menuju NBA musim 2019-20 yang akan dimulai 22 Oktober nanti. Sebut saja Russell Westbrook yang merapat ke Houston Rockets atau Anthony Davis yang akan berduet dengan LeBron James di Los Angeles Lakers.

Tidak bisa dimungkiri, jalannya persaingan NBA musim ini bakal sangat menarik. BolaSkor.com pun coba mengumpulkan tujuh pemain yang berpotensi meraih gelar MVP di musim baru nanti.

Baca Juga:

76ers Dinilai sebagai Kandidat Juara NBA Musim 2019-20

Denzel Cetak 30 Poin, Timnas Indonesia Rebut Kemenangan Pertama

1. Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks)

Giannis Antetokounmpo merupakan peraih MVP NBA musim lalu. Dengan tinggi hampir 7 kaki, kombinasi Giannis dalam hal ukuran, kecepatan, dan kemampuan kontrol bola yang akhirnya mendapatkan julukan “Greek Freak”.

Kandidat NBA MVP 2019
Giannis Antetokounmpo Saat Meraih Gelar MVP NBA Musim 2018-19 (Zimbio)

Dengan catatan statistik individual yang juga mengesankan, dengan raihan rata-rata 27,7 poin per laga, 12,5 rebound, 5,9 assist, dan 1,28 steal, membuat Giannis kembali jadi kandidat peraih MVP musim 2019-20.

Terlebih ketimbang pesaing lainnya, komposisi pemain Milwaukee Bucks tidak banyak berubah. Sebuah nilai plus yang menandakan skuat asuhan Mike Budenholzer bakal sangat solid.

2. Paul George (Los Angeles Clippers)

George masuk NBA All-Star sebanyak enam kali serta empat kali NBA All-Defensive Team. Setelah cedera patah kaki pada tahun 2014 akibat bersaing untuk mendapatkan tempat di tim nasional Amerika Serikat untuk Piala Dunia Bola Basket FIBA, perlahan performanya muai kembali ke bentuk terbaik.

Sepanjang musim 2018-2019 dia membukukan torehan tiga angka terbaik sepanjang kariernya, yaitu 292 poin, atau yang ketiga terbaik di NBA bersama Oklahoma City Thunder.

Musim 2019-20, ia hengkang ke Los Angeles Clippers dan akan menciptakan duet menakutkan bersama Kawhi Leonard. Catatan rata-rata 28 poin per laga, 8,2 rebound, 4,1 assist, dan 2,21 steal bisa meningkat signifikan musm ini.

3. James Harden (Houston Rockets)

Tampil sangat baik musim lalu. Lewat rata-rata 36 poin per pertandingan, 7 rebound, 8 assist, dan 2 steal, ia bahkan dinilai layak mempertahankan gelar MVP NBA. Namun nyatanya gelar tersebut menjadi milik Giannis.

Musim 2019-20, bisa jadi momen pembalasan sekaligus pembuktian untuk pemain berusia 30 tahun ini. Diyakini kekuatan Rockets bakal berkembang signifikan dengan kehadiran Russel Westbrook, eks partnernya ketika masih memperkuat Oklahoma City Thunder.

Rockets bisa menjadi tim yang ditakutkan musim ini plus berstatus salah satu kandidat juara. Harapannya, Harden bisa kembali mendapat gelar MVP lagi.

4. Nikola Jokic (Denver Nuggets)

Pemain serba bisa yang dimiliki Denver Nuggets. Tidak hanya mampu bermain di bawah ring, ia juga punya persentase lemparan tiga angka yang baik. Tidak seperti pemain besar pada umumnya, Jokic juga sering memperlihatkan umpan-umpan cantik untuk rekannya.

Selain itu, Jokic memiliki catatan akurasi 51,1 persen adalah persentase yang tinggi untuk pemain big man sepertinya. Statistik yang baik juga dilakukan Jokic.

Terlihat dari catatan rebound-nya pada musim lalu. Statistiknya adalah 20,1 poin per pertandingan, 10,8 Rebound, dan 7,2 Assist. Jokic sempat menjadi fenomenal pada musim lalu, di mana ia mengantarkan Nuggets ke posisi kedua Wilayah Barat. Musim ini, ia diharapkan bisa bersinar lagi bersama Nuggets.

5. Kawhi Leonard (Los Angeles Clippers)

Salah satu pemain dengan mental juara. Setelah tujuh musim bersama San Antonio Spurs dan menjadi juara tahun 2014, ia hengkang ke Toronto Raptors musim 2018-19.

Hebatnya ia kembali merasakan titel juara plus merasakan gelar kedua MVP NBA Finals. Musim 2019-20, ia lagi-lagi pindah tim dan emmperkuat Los Angeles Clippers. Clippers sendiri telah mempersiapkan diri untuk menjadi tim terbaik di Wilayah Barat.

Duetnya bersama pemain baru Clippers lainnya, Paul George bakal sangat disorot. Kolaborasi ini bisa melahirkan duet paling menonjol pada musim baru nanti.

6. Lebron James (Los Angeles Lakers)

Terlihat aneh apabila nama LeBron tidak dimasukkan daftar kandidat peraih MVP. Karena walau bagaimanapun, ia masih berstatus salah satu pemain utama di persaingan NBA.

Fakta Lakers memasangkan James bersama Anthony Davis, membuat eks Miami Heat dan Cleveland Cavaliers itu tak akan lagi berjuang sendirian.

Kegagalan Lakers tembus ke playoff musim lalu, membuat Luke Walton kehilangan kursi kepelatihan dan sebagai gantinya masuk Frank Vogel. Pelatih berpengalaman yang diharapkan bisa mengangkat performa LeBron.

7. Stephen Curry (Golden State Warriors)

Dua kali mendapatkan gelar MVP dan tiga kali menjadi juara NBA membuat nama Curry ditahbiskan sebagai salah satu point guard terbaik. Sebuah mimpi buruk untuk lawan, jika Curry sudah mendapat ruang melakukan lemparan.

Meskipun gagal mengandaskan Raptors di final NBA musim lalu, peran Curry tetap kental dan sangat berarti untuk Warriors. Terlebih pemain bintang tim silih berganti cedera.

Musim ini, Curry dipastikan kembali jadi poros permainan tim. Apalagi Warriors kehilangan Kevin Durant. Keberadaan Curry dan Klay Thompson merupakan jaminan tim tetap kuat.* (Alexander Matthew Hendrawan)