BolaSkor.com - Banyak gol tercipta sepanjang tahun 2022. Lantas siapa pesepak bola yang paling banyak berkontribusi membuat bola bersarang di gawang lawan dalam 12 bulan terakhir?

Eropa masih menjadi kiblat sepak bola dunia. Tak heran tolak ukur penyerang kelas atas dinilai dari jumlah gol saat berkarier di benua biru.

Sepanjang tahun 2022, Nama-nama besar yang kualitasnya tak perlu diragukan masih mampu mencetak banyak gol dan assist. Meskipun beberapa di antaranya sudah tidak muda lagi.

Baca Juga:

Respons Berkelas Kylian Mbappe Terkait Ejekan dari Emiliano Martinez

Neymar Diusir Wasit, Kylian Mbappe Jadi Pahlawan PSG

5 Penyerang Terbaik di Piala Dunia 2022

Namun kejutan terbesar adalah menghilangnya nama Cristiano Ronaldo dari daftar juru gedor papan atas. Dalam 12 bulan terakhir, ia menjalani masa-masa sulit bersama Manchester United.

Berikut ini daftar tujuh pemain dengan kontribusi gol (jumlah gol dan assist) terbanyak sepanjang 2022:

1. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe menjadi penyerang tersubur sepanjang tahun 2022. Selama 12 bulan, ia telah mengoleksi 56 gol bersama Paris Saint-Germain dan Timnas Prancis.

Berkat produktivitas gol tersebut, Mbappe sukses meraih gelar top skorer Ligue 1 2021-2022 dan Piala Dunia 2022. Hal tersebut menegaskan statusnya sebagai penyerang terbaik dunia saat ini.

Hebatnya, Mbappe juga mengoleksi 20 assist. Hal tersebut membuatnya terlibat langsung dalam terciptanya 76 gol sepanjang tahun 2022.

2. Lionel Messi

Lionel Messi masih menunjukkan statusnya sebagai salah satu pemain terbaik dunia meski sudah tidak muda lagi. Sepanjang tahun 2022, kontribusi golnya menyentuh angka 65 gol.

Messi hanya mampu mencetak lima gol untuk Paris Saint-Germain pada paruh kedua musim lalu. Namun hal itu tertutupi dengan torehan assist-nya yang mencapai 19 buah.

Messi tampil kian impresif sejak awal musim 2022-2023. Sejauh ini ia sudah mengoleksi 12 gol dan 14 assist.

Uniknya, naluri gol Messi lebih tajam bersama Timnas Argentina. Ia telah mencetak 18 gol untuk Tim Tango sepanjang 12 bulan terakhir ditambah 6 assist.

Secara keseluruhan, Messi membukukan 35 gol dan 30 assist. Namun yang terpenting adalah dirinya sukses mempersembahkan trofi Piala Dunia 2022 untuk Argentina.


3. Neymar

Neymar melengkapi daftar ini dengan kontribusi 55 golnya. Bintang Brasil tersebut memberi bukti dirinya belum habis.

Neymar sempat masuk daftar jual PSG pada musim panas lalu. Padahal dirinya masih mampu mengoleksi 10 gol dan 5 assist pada paruh kedua musim lalu.

Beruntung PSG akhirnya tetap mempertahankan Neymar. Pemain berusia 30 tahun itu seolah terlahir kembali pada musim 2022-2023.

Sejauh ini, Neymar sudah membukukan 15 gol dan 13 assist dari 21 laga bersama PSG. Ia juga mengoleksi 7 gol dan 5 assist bersama Timnas Brasil.


4. Erling Haaland

Naluri gol seorang Erling Haaland tak perlu diragukan lagi. Ia baru saja membukukan gol ke-20 di Premier League meski baru tampil 14 kali.

Secara keseluruhan, Haaland mencetak 45 gol sepanjang tahun 2022. Sebanyak 26 gol di antaranya diciptakan untuk Manchester City.

Haaland juga mengoleksi delapan assist dari 41 penampilan sepanjang tahun 2022. Itu artinya ia berkontribusi dalam 53 gol.


5. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski berada di urutan keempat dalam daftar ini. Keputusan untuk pindah ke Barcelona tak mengganggu produktivitas golnya.

Lewandowski sepanjang paruh musim pertama musim ini sudah membukukan 18 gol dan 4 assist di semua kompetisi. Hal itu belum ditambah dengan empat gol dan tiga assist-nya bersama Timnas Polandia.

Sementara pada paruh kedua musim lalu, Lewandowski berhasil membukukan 20 gol dan 4 assist. Itu berarti dirinya juga terlibat langsung dalam 53 gol sepanjang tahun 2022.

Namun Lewandowski berpeluang menambah koleksi gol dan assist-nya. Barcelona dijadwalkan menjamu Espanyol dalam lanjutan LaLiga pada 31 Desember.


6. Christopher Nkunku

Christopher Nkunku secara mengejutkan berada di urutan keempat dalam daftar ini. Ia tercatat juga berkontribusi dalam terciptanya 53 gol sepanjang tahun 2022.

Nkunku mengoleksi 20 gol dan 10 assist pada paruh kedua musim lalu. Memasuki musim baru, ia kemudian mampu mengumpulkan 17 gol dan 6 assist bersama RB Leipzig dan Timnas Prancis sebelum mengalami cedera jelang Piala Dunia 2022.


7. Harry Kane

Harry Kane mengoleksi 35 gol dan 14 assist dari 62 laga sepanjang tahun 2022. Ia pun berhak berada di urutan kelima dalam daftar ini.

Kane sudah mencetak 14 gol dan tiga assist sepanjang musim ini. Sementara paruh kedua musim lalu dilewatinya dengan torehan 16 gol dan 8 assist.

Tambahan gol Kane disumbangkan bersama Timnas Inggris. Ia mengoleksi 5 gol dan 3 assist untuk The Three Lions sepanjang 2022.