BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 akan dihelat di Qatar pada November hingga Desember 2022. Juara bertahan, timnas Prancis, juga menjadi salah satu tim yang terlibat dari 32 tim yang akan berpatisipasi.

Cukup disayangkan seperti pada edisi sebelumnya (Piala Dunia 2018), tidak ada timnas Italia yang notabene peraih titel Piala Dunia kedua terbanyak setelah Brasil. Untuk kedua kali beruntun Italia gagal lolos Piala Dunia.

Tak ayal pada edisi kali ini cukup banyak juga pemain bintang yang namanya tenar di Eropa tak berpatisipasi, seperti Marco Verratti dan Mohamed Salah. Selain itu, Piala Dunia 2022 bisa jadi yang terakhir untuk beberapa pemain.

Baca Juga:

7 Kandidat Top Skorer di Piala Dunia 2022

5 Kiper yang Siap Bersinar di Piala Dunia 2022

5 Calon Tim Kuda Hitam di Piala Dunia 2022

BolaSkor.com telah merangkum informasi mengenai pemain-pemain yang berpotensi pensiun setelah Piala Dunia 2022. Siapa saja?

1. Gareth Bale - 33 Tahun

Sampai berita ini diturunkan Gareth Bale memiliki 106 caps dan 40 gol untuk timnas Wales. Saat ini Bale berusia 33 tahun dan membela klub MLS (Major League Soccer), Los Angeles (LAFC).

Tidak banyak pemain bintang dengan kualitas menonjol di Wales. Bale akan memimpin Wales untuk jadi kuda hitam turnamen, ia memiliki kualitas dan pengalaman setelah bermain lama di Real Madrid.

2. Lionel Messi - 35 Tahun

Pada usia 35 tahun maka pada Piala Dunia berikutnya, pada 2026, Lionel Messi akan berumur 39 tahun. Besar kemungkinan La Pulga akan pensiun selepas Piala Dunia 2022. Karier dan kesuksesannya tak perlu dipertanyakan lagi.

Messi meninggalkan Barcelona sebagai legenda dan kini membuka lembaran baru dengan PSG. Penilik tujuh Ballon d'Or belum pernah memenangi Piala Dunia dengan Argentina, yang berada di grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia.

3. Karim Benzema - 34 Tahun

Penyerang asal Prancis sudah berusia 34 tahun dan sejauh ini punya 97 caps dan 37 gol. Saat Prancis juara Piala Dunia 2018, Karim Benzema masih absen karena skandalnya dengan Mathieu Valbuena. Namun Didier Deschamps telah melupakan dan memanggilnya.

Legenda Real Madrid striker yang unik di Eropa. Benzema tidak sekedar pencetak gol berbahaya, tapi juga pembuka ruang bagi rekan setimnya. Kemampuan itu akan sangat berguna bagi timnas Prancis.

4. Thomas Muller - 32 Tahun

Thomas Muller sudah membela timnas Jerman sejak 2010 dan menjuarai Piala Dunia 2014. Sepanjang kariernya Muller juga hanya membela Bayern Munchen. Usai Miroslav Klose pensiun, Muller selalu jadi andalan di lini depan Jerman.

Pengemas 116 caps dan 44 gol dengan Jerman kini berumur 32 tahun. Empat tahun mendatang usianya 36 tahun. Kecil kans Muller bermain kembali di Piala Dunia berikutnya. Pengalaman Muller akan jadi contoh bagi para pemain muda Jerman.

5. Robert Lewandowski - 34 Tahun

Kendati Polandia acapkali hanya jadi 'penghibur' di Piala Dunia atau Piala Eropa, mereka memiliki striker top Eropa dalam diri Robert Lewandowski. Penyerang yang baru memulai lembaran baru dengan Barcelona, usai mengukir sejarah dengan Bayern Munchen, telah berusia 34 tahun.

Lewandowski sejauh ini sudah mengemas 132 caps dan mencetak 76 gol dengan Polandia. Untuk terakhir kali, di Piala Dunia 2022, Lewandowski akan kembali memimpin lini depan tim berjuluk The White and Red.

6. Luka Modric - 36 Tahun

Pada usia 36 tahun Luka Modric masih jadi andalan lini tengah Real Madrid dan timnas Kroasia. Namun, baik Madrid dan Kroasia harus mulai bersiap bermain tanpa mantan pemain Tottenham Hotspur tersebut.

Modric memiliki semua yang dibutuhkan untuk jadi contoh bagi pemain muda di posisinya: kualitas, pengalaman, dan mentalitas. Pada 2018 Modric membawa Kroasia mencapai final - meski kalah dari Prancis. Piala Dunia 2022 bisa jadi yang terakhir bagi pengemas 152 caps tersebut.

7. Cristiano Ronaldo - 37 Tahun

Megabintang asal Portugal sudah berusia 37 tahun dan sulit melihatnya di Piala Dunia berikutnya pada umur 41 tahun. Seperti halnya Lionel Messi, Cristiano Ronaldo juga belum pernah menjuarai Piala Dunia - namun pernah jadi juara Piala Eropa.

Ronaldo sudah sangat sukses dalam kariernya di Manchester United (periode satu), Real Madrid, dan Juventus, dan memiliki lima Ballon d'Or. Piala Dunia 2022 akan jadi akhir perjalanannya di Piala Dunia dan Ronaldo akan mengerahkan segalanya.

Selain ketujuh nama di atas nama-nama lainnya yang berpotensi pensiun usai Piala Dunia 2022 adalah Angel Di Maria (34 tahun), Sergio Busquets (34 tahun), Eden Hazard (31 tahun), Thiago Silva (37 tahun), dan Luis Suarez (35 tahun).