7 Pemain yang Jadi Fondasi Permainan Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 28 Desember 2021
7 Pemain yang Jadi Fondasi Permainan Timnas Indonesia
Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman merayakan kemenangan atas Singapura. (AFF)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia telah melangkah mulus ke final Piala AFF 2020. Skuat Garuda menyingkirkan Singapura dengan agregat 5-3 pada laga semifinal.

Di final, Timnas Indonesia menantang Thailand, yang menyingkirkan Vietnam dengan agregat 2-0. Ini merupakan laga klasik bagi kedua tim yang kerap berjumpa di final. Laga final dimainkan di National Stadium pada Rabu (29/12) dan Sabtu (1/1).

Laga ini merupakan ulangan final Piala AFF 2000, 2002, dan 2016. Sayang, Timnas Indonesia selalu kalah dari The War Elephants dalam tiga edisi final tersebut

Namun Kali ini Skuat Garuda datang dengan kondisi tim yang bagus meski non unggulan. Mengandalkan pemain muda dengan rata-rata umur 19-26 tahun, ditopang pelatih berpengalaman kelas duia, Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Road to Final Piala AFF 2020: Thailand

Road to Final Piala AFF 2020: Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sudah mencetak 18 gol selama 6 laga, dan menjadi tim paling produktif di turnamen sejauh ini. Kunci rahasianya tidak terlepas dari taktik Shin Tae-yong.

Beberapa pemain ini menjadi kunci keberhasilan Shin Tae-yong dalam menjalankan taktik, siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata
Nadeo Argawinata. (PSSI)

Nadeo Argawinata menjadi kiper pilihan Shin Tae-yong. Kiper Bali United itu memiliki peran vital dalam beberapa pertandingan penting Timnas Indonesia di Piala AFF.

Awalnya, Nadeo telah bergabung di Singapura karena masih harus membela Bali United di Liga 1. Namun, Shin Tae-yong mempercayakannya ketika melawan Vietnam. Nadeo menggantikan Ernando Ari Sutaryadi yang cedera bahu saat pemanasan.

Setelah itu, Nadeo membayar kepercayaan Shin Tae-yong dalam laga melawan Malaysia dan Singapura. Salah satu also heroiknya ketika menepis tendangan penalti striker Singapura, Faris Ramli di semifinal kedua pada menit ke-90.

2. Asnawi Mangkualam Bahar dan Pratama Arhan

Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam. (PSSI)

Dua pemain ini sangat penting bagi Shin Tae-yong. Asnawi dipercaya menjadi kapten utama menggantikan Evan Dimas dalam empat laga terakhir, sekaligus starter dalam enam laga. Sedangkan Pratama Arhan selalu turun dalam lima laga sebagai starter dan bermain penuh selama 90 menit.

Asnawi yang mempunyai leadership mampu menjalankan tugas kapten dengan baik. Pemain Ansan Greeners FC ini punya jiwa petarung pantang menyerah di sektor bek sayap kanan.

Pratama Arhan
Pratama Arhan. (PSSI)

Sedangkan Arhan dibutuhkan di sektor bek sayap kiri. Pemain PSIS Semarang itu selalu melakukan penetrasi sampai kotak penalti lawan. Ia juga memiliki lemparan jarak jauh yang luar biasa.

Asnawi saat ini sudah mencetak satu gol. Sedangkan Arhan mencetak dua gol dan dua assist.

3. Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya

Rachmat Irianto
Rachmat Irianto. (PSSI)

Dua pemain ini merupakan gelandang tipe petarung perebut bola lawan. Shin Tae-yong sangat percaya kepada keduanya untuk memperkuat lini tengah.

Ricky Kambuaya
Ricky Kambuaya. (PSSI)

Buktinya, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto selalu starter dalam enam laga. Ricky Kambuaya bahkan selalu bermain 90 menit dalam lima laga.

4. Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga
Alfeandra Dewangga. (PSSI)

Alfeandra Dewangga menjadi pemain istimewa Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Permainannya sangat vital.

Pemain PSIS Semarang itu bermain dalam dua posisi pada satu pertandingan. Ia bermain sebagai pivot saat Menyerang mengatur ritme permainan alias menjadi playmaker. Saat bertahan, ia menjadi Bek tengah bersama duet bek tengah lini belakang.

5. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman
Witan Sulaeman. (PSSI)

Witan menjadi pemain penting Shin Tae-yong dalam menyerang. Pergerakan tanpa bola pemain berumur 20 tahun itu sangat bagus.

Pemain Lechia Gdansk ini kerap menyulitkan pertahanan lawan karena mempunyai skill individu yang bagus. Tercatat ia sudah melesakkan dua gol dan dua assist di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia Thailand Timnas Thailand Piala aff Piala AFF 2020 Nadeo Argawinata Asnawi Mangkualam Pratama Arhan Alif Alfeandra Dewangga Witan Sulaeman Rachmat Irianto Ricky Kambuaya Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan