BolaSkor.com - Keseruan bursa transfer musim panas 2021 akan tercatat dalam sejarah sepak bola Eropa. Bukan hanya karena "Here we go" yang dituturkan pakar transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano, manuver transfer tahun ini juga menghebohkan.

Dua superstars sepak bola Eropa selama sedekade terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pindah di jendela transfer yang sama. Messi (33 tahun) gabung PSG (Paris Saint-Germain) dan Ronaldo (36 tahun) kembali memperkuat Manchester United.

Comeback Ronaldo ke Man United cukup menarik, sebab itu memastikan jendela transfer musim panas 2021 dalam tren pemain kembali ke pelukan mantan klub. Ronaldo merupakan salah satu dari beberapa pemain yang kembali memperkuat mantan tim mereka.

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo dan Tradisi Penyerang Gaek di Manchester United

Ronaldo Cabut ke Man United, Pengikut Instagram Juventus Terkikis

Pesan Pertama Cristiano Ronaldo Usai Diresmikan Manchester United

Berikut BolaSkor.com menjabarkan tujuh pemain yang memilih menerima pinangan untuk kembali membela mantan klub, plus detail dari uang transfer serta kontraknya:

1. Cristiano Ronaldo

Megabintang asal Portugal sudah bulat meninggalkan Juventus yang sudah dibelanya sejak 2018. Sempat dikaitkan dengan Manchester City, Cristiano Ronaldo akhirnya kembali ke United yang bergerak sesaat setelah tahu ketertarikan City kepadanya.

Man United mengeluarkan 15 juta euro plus delapan juta euro bonus (23 juta euro) untuk merekrut Ronaldo dari Juventus. Peraih lima Ballon d'Or teken kontrak dua tahun dengan opsi perpanjang setahun.

Ini jadi periode kedua Ronaldo membela United setelah sebelumnya bermain pada medio 2003-2009. Kala itu Ronaldo menjadi bagian sejarah kesuksesan United dengan Sir Alex Ferguson yang sukses memenangi tiga titel Premier League dan Liga Champions.

2. Romelu Lukaku

Chelsea mengeluarkan 115 juta euro untuk merekrut mantan penyerang mereka, Romelu Lukaku dari Inter Milan. Lukaku (28 tahun) datang dalam kondisi yang lebih matang usai meraih Scudetto dengan Il Nerazzurri dan Chelsea butuh penyerang sepertinya.

The Blues mengontrak Lukaku selama lima tahun. Striker timnas Belgia membela Chelsea sebelumnya pada medio 2011-2014, lalu berikutnya memperkuat West Bromwich Albion, Everton, dan Manchester United. Lukaku melengkapi kepingan puzzle Chelsea yang butuh penyerang nomor 9.

3. Moise Kean

Kepergian Ronaldo langsung membuat Juventus bergerak dan pilihan penyerang baru jatuh kepada eks striker mereka, Moise Kean. Il Bianconeri meminjamnya selama dua musim dari Everton dengan opsi beli sebesar 28 juta euro (plus tiga juta bonus) di akhir kontrak 2022-2023.

Kean (21 tahun) kembali ke Italia setelah dua tahun lalu meninggalkan Juventus ke Everton sebesar 25 juta poundsterling. Kean kembali dengan pengalaman membela Everton dan Paris Saint-Germain (PSG) musim lalu. Dia akan menambah opsi Massimiliano Allegri selain Alvaro Morata dan Paulo Dybala.

4. Ashley Young

Perjalanan panjang karier Ashley Young selama 18 tahun berakhir kembali ke Aston Villa, klub yang dahulu pernah dibelanya dari medio 2007 hingga 2011. Young (36 tahun) datang ke Villa usai memenangi Scudetto bersama Inter Milan kala datang di tengah musim 2020-2021 dari Manchester United.

Villa tak mengeluarkan biaya sepeser pun karena Young kontraknya berakhir di Inter dan ia berstatus free agent. Pengalaman Young diharapkan bisa membantu Villa arahan Dean Smith yang kehilangan Jack Grealish ke Manchester City.

5. Tom Heaton

Ronaldo bukan satu-satunya pemain yang kembali ke Man United. Ada juga Tom Heaton, kiper berusia 35 tahun yang kontraknya berakhir dengan Villa dan dikontrak Red Devils selama dua tahun dan opsi setahun. Heaton kembali ke Old Trafford setelah 11 tahun lamanya.

Heaton akan memanaskan perebutan posisi kiper United yang sudah memiliki Dean Henderson, David De Gea, dan Lee Grant. Heaton produk akademi United yang membela tim dari 2005-2010, sempat dipinjamkan ke Swindon Town, Cardiff City, dan Rochdale, sebelum membela Burnley dan Villa.

6. Eric Garcia

Bek asal Spanyol tak pernah membela tim utama Barcelona, tetapi dia produk asli akademi La Masia yang bermain di sana pada periode 2008-2017 sebelum dicaplok akademi Manchester City. Garcia (20 tahun) promosi ke tim utama City pada 2018 dan pergi gratis pada 2021.

Kontraknya berakhir dengan City dan Garcia kembali memperkuat Barcelona. Dia jadi salah satu rekrutan anyar Barca dengan status free agents selain Memphis Depay dan Sergio Aguero.

7. Antoine Griezmann

Kejutan pada dua jam terakhir deadline bursa transfer. Atletico Madrid merekrut kembali mantan penyerang mereka pada medio 2014-2019, Antoine Griezmann dari Barcelona. Penyerang berusia 30 tahun direkrut dengan skema pinjaman hingga 2022 dan opsi beli 40 juta euro.

Juara Piala Dunia 2018 mencapai kesepakatan dua tahun kontrak plus opsi perpanjang setahun. Griezmann menambah kekuatan lini depan Atletico arahan Diego Simeone yang telah memiliki Luis Suarez dan Joao Felix.