BolaSkor.com - Sejak mengambil alih Manchester City pada 2008, Sheikh Mansour benar-benar merevolusi (revolusi, bukan evolusi) The Citizens menjadi salah satu tim papan atas Inggris. Perlahan tapi pasti, konsistensi bermain dan bersaing di area tersebut sudah dimiliki City.

Pada awalnya, Mansour hanya membeli pemain-pemain bintang, tenar, Eropa untuk mengoleksi mereka di dalam skuat layaknya Los Galacticos Real Madrid. Saking sibuknya mereka belanja pemain, manajer tim rival sekota, Sir Alex Ferguson, sampai menyebut mereka "tetangga yang berisik".

Akan tapi ketekunan pemilik klub dari Timur Tengah itu mulai membuahkan hasil yang positif dalam beberapa musim terakhir, khususnya sejak ditangani Pep Guardiola pada 2016 silam sampai saat ini.

Baca Juga : Manchester United Ajukan Tawaran 70 Juta Poundsterling untuk Harry Maguire

Man City masih jadi klub kaya raya yang dapat merekrut pemain dengan harga tinggi, tapi, mereka lebih cerdas dalam membelanjakan uang tersebut. Seperti misalnya di musim panas ini, rekor transfer City pecah atas nama gelandang asal Spanyol, Rodri.

Bukan kali pertama itu saja Man City memecahkan rekor transfer untuk membeli pemain. Pada era Sheikh Mansour, ada tujuh pemain (termasuk Rodri) dengan rekor transfer termahal klub. Siapa saja?

1. Robinho (32,5 Juta Poundsterling)

Robinho
Robinho

Robson de Souza alias Robinho mengawali revolusi Man City kala dibeli dari Real Madrid pada 2008. Striker asal Brasil diboyong sebesar 32,5 juta poundsterling atau sekira Rp 573 miliar.

Robinho tidak bisa dibilang sukses di Man City. Pada musim 2008-09 dia memang mencetak 15 gol, tapi, setelahnya bermain inkonsisten dan membuat Mark Hughes, manajer kala itu, pusing. Kala Roberto Mancini datang, Robinho dilepas ke AC Milan pada 2010.

2. Sergio Aguero (38 Juta Poundsterling)

Sergio Aguero
Sergio Aguero

Pemain yang satu ini jelas tidak perlu diragukan lagi. Investasi Man City kala membeli Sergio "Kun" Aguero pada 2011 dari Atletico Madrid, sebesar 38 juta poundsterling atau sekira Rp 670 miliar sudah sangat tepat.

Aguero mengukir namanya sebagai legenda Manchester Biru dan membawa klub meraih empat titel Premier League, satu Piala FA, empat Piala Liga, dan dua Community Shield. Pada usia 31 tahun, Aguero masih memperkuat City.

3. Raheem Sterling (49 Juta Poundsterling)

Raheem Sterling
Raheem Sterling

Penyerang sayap asal Inggris semakin berkembang pesat di bawah asuhan Pep Guardiola. Tidak hanya lincah, berkualitas, punya kemampuan dribel yang baik, Sterling kini menyempurnakannya dengan naluri gol yang tinggi.

Mahar 49 juta poundsterling yang keluar pada 2015 kala dibeli dari Liverpool tidak sia-sia bagi Manchester City. Usianya kini baru berumur 24 tahun.