BolaSkor.com - Masih ingat dengan Piala Dunia 2002? Tentu saja iya, karena ini untuk pertama kalinya Piala Dunia digelar di Benua Asia. Plus untuk pertama kalinya dua negara menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Jepang dan Korea Selatan (Korsel) ditunjuk FIFA untuk menyelenggarakan pesta sepak bola paling akbar di dunia tersebut. Saat itu, Jepang dan Korsel terbilang sukses menyelenggarakan Piala Dunia 2002.

Apalagi Korsel menjadi peringkat keempat terbaik. Adapun yang menjadi juara Piala Dunia 2002 adalah Brasil, usai mengalahkan Jerman 2-0 di laga final.

Baca Juga:

9 Bintang Eropa yang Mencoba Peruntungan di J1 League Musim Ini

6 Pemain J League yang Gabung Klub Eropa Musim Ini

Khusus di Jepang, ada 10 venue stadion yang digunakan untuk Piala Dunia 2002. Namun, hanya tujuh stadion yang masih digunakan oleh para klub J1 League musim 2021.

Tiga stadion tidak dipakai klub J1 League. Pertama, ada Shizuoka Stadium ECOPA (Shizuoka). Kedua, ada Niigata Stadium (Niigata). Ketiga, Miyagi Stadium (Miyagi)

Lalu bagaimana 7 stadion sisanya yang digunakan oleh para klub J1 League musim 2021. Berikut ulasannya:

1. International Stadium Yokohama (Yokohama) - Yokohama F Marinos

International Stadium Yokohama
International Stadium Yokohama. (Olympics.com)

Stadion ini kini dikenal dengan nama Nissan Stadium karena sponsor. Berkapasitas lebih dari 72.000 penonton, stadion ini sempat jadi stadion dengan kapasitas terbesar selama 21 tahun sebelum kemudian dikalahkan Stadion Nasional pada 2019 lalu.

Stadion ini adalah venue final Piala Dunia 2002 saat Brasil menang 2-0 atas Jerman dan jadi juara dunia, serta menggelar tiga laga lain dari babak grup (Jepang vs Rusia, Arab Saudi vs Republik Irlandia, Ekuador vs Kroasia).

Selain Piala Dunia 2002, stadion ini juga digunakan untuk Piala Dunia Rugby 2019 serta sepak bola di Olimpiade Tokyo 2020.

2. Saitama Stadium 2002 (Saitama) - Urawa Red Diamonds

Saitama Stadium 2002
Saitama Stadium 2002. (Chelseafc.com)

Seperti namanya, stadion ini juga salah satu venue penting di Piala Dunia 2002, termasuk laga perdana tuan rumah timnas Jepang.

Jepang saat itu bermain imbang 2-2 lawan Belgia di grup H. Selain itu, stadion ini juga jadi tempat laga Inggris vs Swedia dan Kamerun vs Arab Saudi di babak grup. Laga semifinal saat Brasil menang 1-0 lawan Turki juga dihelat di sini.

Berkapasitas 62.010 penonton, Saitama Stadium 2002 memang dibangun menyambut gelaran Piala Dunia 2002. Laga-laga Olimpiade Tokyo 2020 juga dihelat di sini.

3. Nagai Stadium (Osaka) - Cerezo Osaka

Nagai Stadium
Nagai Stadium. (Youtube)

Stadion ini kini dikenal dengan nama Yanmar Stadium Nagai dan sudah jadi kandang Cerezo Osaka sejak 1996.

Berkapasitas 47.853 penonton, Ada dua laga babak grup Piala Dunia 2002 yang dihelat di sini, Nigeria vs Inggris dan Tunisia vs Jepang. Selain itu, laga perempat final Senegal vs Turki juga dilangsungkan di sini.

Musim ini, Cerezo Osaka memutuskan tak akan lagi menggunakan stadion ini dalam laga domestik karena masalah krisis keuangan, mereka memutuskan pindah ke Yodoko Sakura Stadium yang lebih kecil, terletak bersebelahan hanya berjarak 15 meter saja.

Baca Juga:

Nostalgia - 5 Pertarungan Klub Indonesia Vs Klub J League

J League Punya Aturan Khusus, Pemain Indonesia Bisa Berkarier di Jepang Tanpa Ribet

4. Oita Stadium (Oita) - Oita Trinita

Oita Stadium
Oita Stadium. (Istimewa)

Stadion ini kini dikenal dengan nama Showa Denko Dome Oita dan memiliki kapasitas 31.997 penonton.

Ada tiga laga Piala Dunia 2002 yang dihelat di sini, dua laga babak grup (Tunisia vs Belgia dan Meksiko vs Italia), serta satu laga babak 16 besar, Swedia vs Senegal.

Selain Piala Dunia 2002, gelaran Piala Dunia Rugby 2019 juga sempat dihelat di sini.
Dibuka pada 2001, Oita Trinita kemudian menggunakan stadion ini sejak saat itu sampai sekarang.

5. Kashima Stadium (Kashima) - Kashima Antlers

Kashima Stadium
Kashima Stadium. (Olympics.com)

Stadion yang kini dikenal dengan nama Kashima Soccer Stadium ini memiliki kapasitas 38.669 penonton.

Sebelum dipugar untuk Piala Dunia 2002, stadion ini dibuka pada 1993 dan Kashima Antlers langsung menggunakannya sebagai kandang sejak saat itu.

Pada gelaran Piala Dunia 2002, tiga laga babak grup digelar di sini, Argentina vs Nigeria, Jerman vs Republik Irlandia, dan Italia vs Kroasia.

Selain itu, beberapa laga pagelaran Olimpiade Tokyo 2020 juga dihelat di sini.

6. Kobe Wing Stadium (Kobe) - Vissel Kobe

Kobe Wing Stadium
Kobe Wing Stadium. (Istimewa)

Stadion ini dipugar besar-besaran jelang Piala Dunia 2002. Kini mereka memiliki kapasitas 29.332 penonton dan dikenal dengan nama Noevir Stadium Kobe.

Dua laga babak grup Piala Dunia 2002 dihelat di sini (Rusia vs Tunisia dan Swedia vs Nigeria) serta satu babak 16 besar, Brasil vs Belgia.

Piala Dunia Rugby 2019 juga sempat dihelat di stadion ini.

7. Sapporo Dome (Sapporo) - Hokkaido Consadole Sapporo

Sapporo Dome
Sapporo Dome. (Olympics.com)

Stadion yang terletak paling Utara dalam list ini. Dibuka pada 2001 untuk gelaran Piala Dunia 2002, stadion ini kini berkapasitas 38.794 penonton.

Sejak dibuka, stadion ini kemudian sudah jadi kandang Hokkaido Consadole Sapporo hingga sekarang.

Ada tiga laga Piala Dunia 2002 yang dihelat di sini, tiga laga babak grup: Jerman vs Arab Saudi, Italia vs Ekuador, dan Argentina vs Inggris.

Piala Dunia Rugby 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020 juga menggelar laga mereka di sini.