7 Transfer Kejutan di Musim Panas 2020

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 06 Oktober 2020
7 Transfer Kejutan di Musim Panas 2020
Weston McKennie (Juventus)

BolaSkor.com - Bursa transfer musim panas Eropa resmi ditutup pada 5 Oktober kemarin. Sejumlah kepindahan pemain membuat publik terkejut.

Pandemi virus corona yang berlangsung sejak Maret silam membuat bursa transfer edisi kali ini berjalan sedikit berbeda. Mulai dari jadwal sampai aktivitas klub.

UEFA terpaksa menggeser masa penutupan bursa transfer ke tanggal 5 Oktober. Padahal sebelumnya 31 Agustus rutin dipilih sebagai batas akhir proses jual beli pemain.

Baca Juga:

Sistem Kebut Semalam ala Manchester United: Rekrut 4 Pemain Sekaligus di Deadline Bursa Transfer

Rangkuman Transfer Lengkap Premier League 2020-2021

Rangkuman Transfer Lengkap LaLiga 2020-2021

Hal itu terpaksa dilakukan karena berakhirnya kompetisi musim lalu molor hingga akhir Agustus. Liga-liga Eropa sempat ditangguhkan sejak pertengahan Maret.

Selain jadwal yang mundur, aktivitas belanja pemain juga cenderung menurun jika dibanding musim-musim sebelumnya. Krisis finansial efek pandemi menjadi biang kerok.

Klub sebesar Real Madrid saja tidak membeli satu pemain pun pada bursa transfer kali ini. Sementara Barcelona juga harus menjual sejumlah bintangnya dulu untuk memboyong incarannya.

Premier League bisa dibilang menjadi kompetisi yang tak terlalu terlihat pengaruh krisis di masa pandemi. Hampir setiap klub rela mengaluarkan dana besar untuk mendapatkan buruannya.

Meski begitu, kejutan tetap mewarnai bursa transfer edisi kali. Aksi tikung di antara klub masih banyak terjadi.

Berikut tujuh transfer kejutan pada musim panas ini:

1. Achraf Hakimi

Achraf Hakimi


Operasi senyap dilakukan Inter Milan saat memboyong AAchraf Hakimi dari Real Madrid. Nerazzurri menyalip Borussia Dortmund yang ingin memperpanjang masa pinjamannya.

Hakimi resmi menjadi milik Inter pada awal Juli silam. Rival sekota AC Milan itu harus merogoh kocek hingga 40 juta euro untuk memuluskan transfer ini.

Setelah resmi didapatkan, Inter langsung menyodorkan kontrak panjang berdurasi lima tahun. Bek sayap berusia 21 tahun itu nampak akan menjadi salah satu andalan La Beneamata asuhan Antonio Conte.

2. Weston McKennie

Weston McKennie


Weston McKennie secara mengejutkan menjadi rekrutan pertama Juventus asuhan Andrea Pirlo. Pemaian berkebangsaan Amerika Serikat itu dipinjam dari FC Schalke dengan opsi pembelian permanen.

Juventus membayar biaya pinjaman sebesar 4,5 juta euro kepada Schalke. Sementara untuk mempermanenkannya, Bianconeri harus menebusnya dengan harga 18.5 juta euro.

Perekrutan McKennie ini tentu mengejutkan. Selain namanyan kurang familiar, Juventus juga lebih dulu dikaitkan dengan sejumlah pemain bintang.

Pirlo nampaknya punya rencana tersendiri dengan Mckennie. Pemain berusia 22 tahun itu selalu dimainkan pada dua laga awal Serie A.


3. Timo Werner

Timo Werner


Chelsea membuat kejutan bahkan sejak bursa transfer belum resmi dibuka. The Blues berhasil membajak Timo Werner dari RB Leipzig.

Chelsea mengumumkan prekrutan Werner pada 18 Juni silam. Saat itu Premier League dan Bundesliga masih bergulir.

Werner bahkan rela absen memperkuat Leipzig pada perempat final Liga Champions demi bergabung ke Chelsea. Ia diboyong dengan uang sekitar 53 juta euro.

Menariknya, Werner lebih dulu dikaitkan dengan Liverpool. Sang pemain bahkan disebut sudah berkomunikasi dengan Jurgen Klopp selaku manajer The Reds.


4. Thiago Alcantara

Thiago Alcantara


Nama Thiago Alcantara memang sudah dikaitkan dengan Liverpool sejak bursa transfer musim panas dibuka. Namun tanda tanya mengiringi kebenaran kabar ini.

Thiago memang sudah berniat meninggalkan Bayern Munchen pada musim panas ini. Salah satu tandanya yaitu dengan menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan manajemen.

Masalahnya Liverpool tak kunjung memberikan tawaran resmi kepada Munchen. Tidak adanya kecocokan harga disebut menjadi alasannya.

Rumor hengkangnya Thiago ke Liverpool sempat meredan seiring berjalannya waktu. Apalagi Thiago merasa tak pernah mengungkapkan niatnya untuk hengkang.

Namun Liverpoolo akhirnya meresmikan kedatangan Thiago pada 18 September lalu. Sang pemain ditebus dengan harga 20 juta euro ditambah bonus.


5. Gareth Bale

Gareth Bale


Bukan rahasia lagi kalau Real Madrid berniat melepas Gareth Bale pada musim panas ini. Namun munculnya nama Tottenham Hotspur selaku klub peminat cukup mengejutkan.

Memboyong Bale dari Madrid memang tidak bisa dilakukan sembarang klub. Selain berbanderol mahal, gajinya yang tinggi juga amenjadi masalah.

Untuk mengantisipasi masalah itu, Madrid akhirnya rela berkorban. Los Blancos kabarnya membayar setengah gaji Bale saat meminjamkannya ke Tottenham selama semusim.


6. Luis Saurez

Luis Suarez

Saga transfer Luis Suarez menjadi salah satu yang paling menarik perhatian pada musim panas ini. Keputusan Barcelona memasukkan namanya dalam daftar jual membuat sejumlah klub antre.

Suarez sempat dikabarkan sudah menjalin kesepakatan dengan Juventus. Namun transfer ini urung terjadi karena faktor non teknis yaitu terkait kuota pemain non Uni Eropa Bianconeri yang sudah penuh.

Setelah itu, Paris Saint-Germain (PSG) masuk dalam perburuan Suarez. Namun hubungan yang buruk antara kedua klub membuat negosiasi sulit dilakukan.

Pada saat-saat terakhir, Atletico datang memberi tawaran. Barcelona awalnya menolak karena tak mau melepas pemainnya ke rival mereka.

Namun Blaugrana akhirnya berubah pikiran. Suarez resmi menjadi milik Atletico padsa 25 September lalu dengan biaya transfer sebesar 6 juta euro.


7. Edinson Cavani

Edinson Cavani

Manchester United membuat gempar hari terakhir bursa transfer dengan memboyong empat pemain sekaligus. Yang paling mengejutkan tentu merapatnya Edinson Cavani ke Old Trafford.

Cavani hampir tak pernah disebut menjadi buruan Manchester United pada musim panas ini. Setan Merah fokus mencari winger kanan dan target utamanya adalah Jadon Sancho.

Namun sulitnya mendapatkan Sancho nampak mengubah strategi transfer Manchester United. Mereka memilih memboyong penyerang tengah baru dan menggeser Anthony Martial atau Marcus Rashford ke sisi kanan.

Cavani diboyong Manchester United dengan status bebas transfer. Ia dikontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan.

Bursa transfer Achraf Hakimi Weston McKennie Edinson Cavani Timo Werner Luis Suarez Gareth Bale Thiago Alcantara Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan