BolaSkor.com - Barcelona akan memainkan final Copa del Rey melawan Valencia di Benito Villamarin, Minggu (26/5) pukul 02.00 dini hari WIB. Bagi Marcelino Garcia Toral, pelatih Valencia, laga final merupakan pengalaman baru.

Dilansir dari Marca, Marcelino, 53 tahun, telah memainkan 705 pertandingan dalam karier kepelatihan yang sudah dimulainya dari Lealtad pada tahun 1997. Kala itu Marcelino baru berusia 32 tahun dan membawa Lealtad promosi ke Segunda B.

Selain melatih Lealtad, Marcelino, dalam dua dekade karier kepelatihannya, Marcelino juga pernah melatih Sporting Gijon, Recreativo, Racing Santander (dua periode), Real Zaragoza, Sevilla, Villarreal, dan kini dengan Valencia.

Marcelino hanya pernah meraih titel bersama Recreativo pada musim 2005-06 dengan menjuarai Divisi Segunda. Namun, selama Marcelino menekuni karier kepelatihan itu, ia tidak pernah mencicipi sebuah laga final.

Baca Juga:

Prediksi Barcelona Vs Valencia: Gelar Ganda atau Perayaan 100 Tahun

Lionel Messi Masih Butuh Obat Tersingkir dari Liga Champions

Jasper Cillessen, Kiper Pelapis Barcelona dengan Statistik Melebihi Ter Stegen

Marcelino Garcia Toral

Marcelino hanya nyaris menapakinya. Paling sering dengan Racing, begitu juga saat membawa Villarreal ke semifinal Liga Europa 2015-16 sebelum perjalanan mereka diakhiri Liverpool asuhan Jurgen Klopp.

Selalu ada yang pertama untuk segala hal. Marcelino memang baru melakoni final pertama dalam karier kepelatihannya. Namun, itu bukan jaminan Barcelona arahan Ernesto Valverde dapat memenangi laga nanti dengan mudah.

Apalagi, Valencia berambisi besar meraih titel Copa del Rey kedelapan setelah terakhir memenanginya di tahun 2008, sekaligus mengakhiri dominasi Barcelona di ajang tersebut.

Geoffrey Kondogbia

"Kapan pun tim menang melawan Barcelona, itu akan dilihat sebagai contoh. Kami ada dalam kondisi terbaik, kami tahu gaya main kami. Kami mencari poin untuk menyakiti Barcelona," tegas gelandang Valencia, Geoffrey Kondogbia.

"(Lionel) Messi dapat kapan pun memunculkan ancaman. Kami harus bermain dengan baik dan bersiap dengan baik karena kami melawan juara LaLiga," tegas gelandang asal Prancis.

Dani Parejo, kapten Valencia yang sudah memperkuat tim dari 2011, bahkan berharap bisa mempersembahkan kemenangan di Copa del Rey untuk Marcelino.

"Pelukan dengan pelatih? Jika kami memeluknya nanti, maka itu akan jadi ceri di atas kue (penyempurna). Saya sudah delapan tahun di Valencia, saya telah merasakan pengalaman sulit dan masa-masa buruk. Saya memikirkannya karena saya sudah melewati masa-masa tersebut," imbuh Parejo.