BolaSkor.com - SEA Games 2019 di Filipina tinggal menghitung hari. Kini semua atlet dari setiap cabang olahraga sedang memasuki fase akhir dari persiapan.

Target medali emas dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga juga telah dirilis. Jika sebelumnya dipatok 50 emas, kini skuat Indonesia hanya ditarget meraih 45 emas.

Lebih mudah? Tentu tidak. Mengingat di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Indonesia hanya mendapat 38 medali emas dan hanya menempati posisi lima.

Melalui artikel ini, BolaSkor.com coba merangkum cabor andalan skuat Tanah Air pada ajang multievent terbesar Asia Tenggara dua tahunan ini.

Baca Juga:

8 Atlet Putri Indonesia yang Bisa Buat Anda Jatuh Hati di SEA Games 2019

7 Atlet Putra Indonesia yang Bisa Bikin Perempuan Terpesona di SEA Games 2019 Manila

1. Bulu Tangkis

Selain olahraga paling populer di Indonesia, bulu tangkis merupakan cabang olahraga di mana atlet Tanah Air bisa tembus persaingan dunia. Tidak heran setiap kali gelaran multievent, bulu tangkis juga jadi andalan untuk mendulang emas.

Jonatan Christie, Cabor Indonesia
Jonatan Christie (Zimbio)

Seperti yang dikatakan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Susy Susanti, Jonatan Christie dan kawan-kawan dipatok setidaknya meraih dua emas. Di atas kertas, target itu bisa tercapai.

Karena meski banyak pemain senior absen, Indonesia masih diperkuat banyak pebulu tangkis hebat seperti Jojo di tunggal putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada ganda putra, atau Greysia Polii/Apriyani Rahayu di ganda putri.

2. Angkat Besi

Layaknya bulu tangkis, beberapa atlet angkat besi Indonesia juga bisa berbicara banyak di level dunia. Tidak heran, Eko Yuli Irawan dan kawan-kawan kembali jadi tumpuan untuk meraih medali di SEA Games 2019.

Dirdja Wihardja selaku pelatih kepala pelatnas angkat besi sudah mengutarakan rasa percaya diri bahwa mereka bisa mempertahankan titel juara umum SEA Games seperti tahun 2017.

Kala itu, skuat Indonesia bisa mendapatkan dua medali emas dan dua perunggu. Salah satu kepingan emas diharapkan datang dari lifter senior, Eko Yuli Irawan. Lifter berusia 31 tahun itu juga merasa percaya diri bisa menyumbangkan emas di nomor yang diikutinya: 61 kg.

3. Pencak Silat

Cabang olahraga yang membuat Indonesia berjaya saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Kala itu, Pencak Silat bisa menyumbangkan 14 emas dan satu perunggu.

Sayangnya di SEA Games 2019, Filipina sebagai tuan rumah membatasi nomor yang dipertandingkan pada cabor ini. Total hanya sembilan nomor yang dilombakan dan skuat Indonesia menargetkan meraih empat emas.

Soal torehan empat emas tersebut, Manajer Pelatnas Pencak Silat Indonesia, Sunarno merasa percaya diri bisa terealisasi. Namun tetap perjuangan bakal berat. Karena di SEA Games 2017, Indonesia hanya kebagian dua medali emas, dua perak, dan 9 perunggu, dari 20 nomor pertandingan.