8 Fakta Menarik Argentina ke Semifinal Usai Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 10 Desember 2022
8 Fakta Menarik Argentina ke Semifinal Usai Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti
Lionel Messi merayakan gol ke gawang Belanda. (Twitter Timnas Argentina)

BolaSkor.com - Argentina melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Kepastian ini didapat usai La Albiceleste mengalahkan Belanda lewat adu penalti 4-3 (2-2) di Lusail Stadium, Sabtu (10/12) pagi WIB.

Dalam laga tersebut, Argentina lebih dahulu unggul melalui Nahuel Molina (35') dan Lionel Messi (73' penalti). Belanda menyamakan kedudukan melalui Wout Weghorst (83' dan 90+11').

Laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu, kedua tim masih imbang. Lalu kedua tim menentukan pemenang melalui adu penalti.

Baca Juga:

Bintang Laga Belanda Vs Argentina: Lionel Messi, Bersinar di Pertandingan Besar

Belanda 2-2 Argentina (3-4 Pen): Albiceleste Tantang Kroasia di Semifinal

Bintang Laga Kroasia Vs Brasil: Dominik Livakovic, Epik dan Heroik

Argentina
Lionel Messi merayakan gol ke gawang Belanda. (Twitter Timnas Argentina)

Di babak adu penalti, Argentina menang dengan 4-3. Hanya Enzo Fernandez Algojo Argentina yang tidak berhasil menjalankan tugasnya. Sedangkan dua penendang Belanda yang tidak berhasil adalah Virgil van Dijk dan Steven Berghuis.

Dengan begitu, Argentina bertemu Kroasia di semifinal usai menyingkirkan Brasil lewat adu penalti. Laga ini berlangsung di Lusail Stadium, Rabu (14/12) dini hari WIB.

Keberhasilan Argentina melaju ke semifinal melahirkan sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang disusun BolaSkor.com dari berbagai sumber:

1. Argentina menyamai pencapaian edisi 2014 melaju ke semifinal. Saat itu, Albiceleste sampai final sebelum dikalahkan Jerman 0-1.

2. Argentina menjadi tim yang paling banyak meraih kemenangan lewat adu penalti dari 6 percobaan (5 kemenangan).

3. Lionel Messi menjadi pemain kedua Argentina yang dilanggar paling banyak (65 pelanggaran) di Piala Dunia sejak 1966. Hanya kalah dari Diego Maradona (152 pelanggaran)

4. Lionel Messi mencetak 5 assist dalam pertandingan fase gugur Piala Dunia sejak 1966. Menjadi paling banyak di antara pemain mana pun.

5. Lionel Messi menyamakan pencapaian Gabriel Batistuta. Mengoleksi 23 gol di turnamen major, dan 10 gol di Piala Dunia.

6. Lionel Messi (23) mengalahkan Cristiano Ronaldo (22) dalam gol di turnamen major.

7. Louis van Gaal untuk kedua kalinya kalah dari Argentina melalui adu tendangan penalti. Sebelumnya, The Oranje kalah di semifinal Piala Dunia 2014 lewat adu penalti. Saat itu, Belanda dilatih Louis van Gaal.

8. Wout Weghorst menjadi pemain Belanda pertama yang mencetak dua gol dari bangku cadangan di Piala Dunia.

Argentina Timnas Argentina Belanda Timnas Belanda Piala dunia 2022 Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan