8 Fakta Menarik dari Final Liga Champions, Tuchel Harumkan Nama Jerman

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 30 Mei 2021
8 Fakta Menarik dari Final Liga Champions, Tuchel Harumkan Nama Jerman
Chelsea juara Liga Champions 2020-2021 (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea sukses memenangi titel Liga Champions kedua dalam sejarah klub. Pada final 2020-2021 yang dihelat di Estadio Do Dragao, Minggu (30/05) dini hari WIB, The Blues menang 1-0 atas Manchester City melalui gol semata wayang Kai Havertz.

Gelandang serang asal Jerman mencetak gol di menit 42 dari serangan balik dan menyambut assist Mason Mount. City mendominasi penguasaan bola 61 persen tapi hanya sekali melepaskan satu tendangan tepat sasaran dari tujuh percobaan.

"Saya telah menanti 15 tahun untuk momen ini dan sekarang terjadi di sini," ucap pencetak gol kemenangan Chelsea, Kai Havertz.

"Inilah alasan saya datang ke Chelsea. Ini mimpi jadi nyata. Kuncinya adalah tetap rapat dan agresif. Saya lelah kala laga berlangsung tapi ketika titel Liga Champions di depan mata Anda tidak benar-benar lelah," imbuh bek kiri Chelsea, Ben Chilwell.

Baca Juga:

Final Liga Champions 2020-2021: Chelsea Juara, Tuchel Kryptonite Pep Guardiola

Uang yang Diterima Chelsea dan Man City di Final Liga Champions

5 Final Liga Champions yang Pertemukan Klub Senegara

Selebrasi pemain Chelsea

"Semuanya bertahan seolah mempertaruhkan hidup mereka. Kami telah memenangi Liga Champions jadi saya tak peduli dengan bagaimana cara kami bermain."

Sementara bagi Man City penantian panjang titel Liga Champions mereka belum berakhir di laga final pertama mereka. "Para pemain telah tampil sangat hebat. Kami mungkin kembali lagi suatu hari nanti!" tutur Pep Guardiola.

Sejumlah fakta menarik tercipta selepas pertandingan itu dan BolaSkor.com merangkumnya. Berikut fakta-fakta tersebut:

1. Chelsea jadi tim ketiga asal Inggris yang memenangi Liga Champions dua kali setelah Liverpool dan Manchester United.

2. Chelsea telah memenangi trofi enam kali dari tujuh final di Eropa dalam sejarah klub.

3. Man City Pep Guardiola kalah lebih banyak laga dari Chelsea ketimbang klub lainnya (delapan kali) - tiga kali beruntun di musim ini.

4. Thomas Tuchel jadi manajer pertama yang mengalahkan Man City arahan Pep Guardiola di final Eropa - tiga kali beruntun mengalahkan City.

5. Tidak ada tim dari Inggris yang memenangi trofi ketimbang Chelsea di era Roman Abramovich: lima Piala FA, lima Premier League, tiga Piala Liga, dua Liga Europa, dan dua Liga Champions.

6. Hanya tiga kiper yang mencatatkan kurang lebih sembilan clean sheets di satu musim Liga Champions: Santiago Canizares (2001), Keylor Navas (2016), dan Edouard Mendy (2021).

7. Satu orang pelatih dari Jerman kini telah memenangi Liga Champions di tiga musim terakhir. Jurgen Klopp (2019), Hansi Flick (2020), dan Thomas Tuchel (2021).

8. Thiago Silva kini telah memenangi 29 trofi besar sebagai pemain untuk klub dan juga negara.

Breaking News Liga Champions Chelsea Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan