BolaSkor.com - Gelaran Piala Liga 2020-2021 akan mencapai puncaknya pada akhir pekan ini. Manchester City dan Tottenham Hotspur akan saling bunuh dalam laga final untuk memperebutkan trofi juara.

Duel kedua tim akan berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (25/4) pukul 22.30 WIB. Laga ini diprediksi berjalan sengit.

Manchester City memang akan lebih diunggulkan untuk menggondol gelar juara. Selain menunjukkan performa yang lebih konsisten, The Citizens juga berstatus juara bertahan.

Baca Juga:

Final Piala Liga: Tottenham Masih Tunggu Harry Kane

Skuad Terakhir Tottenham kala Memenangi Piala Liga dan Nasibnya Saat Ini

7 Fakta Menarik Keberhasilan Manchester City Melaju ke Final Piala Liga

Manchester City Vs Tottenham Hotspur (BolaSkor.com/Aji Wandi)

Manchester City bahkan mengincar trofi Piala Liga keempat secara beruntun. Gelar ini juga diharapkan menjadi pembuka jalan treble winners tim asuhan Pep Guardiola di akhir musim nanti.

Namun Tottenham juga tidak akan mengalah begitu saja. The Lilywhites juga membutuhkan trofi juara untuk menegaskan statusnya sebagai tim besar.

Pemecatan Jose Mourinho dan penunjukan Ryan Mason sebagai caretaker memang sebuah perjudian bagi Tottenham. Namun hal ini juga bisa menjadi kunci dalam laga final nanti.

Pola permainan Tottenham menjadi lebih sulit untuk dibaca. Hal ini secara tak langsung mengganggu persiapan Manchester City asuhan Pep Guardiola.

Sejumlah fakta menarik juga akan mengiringi laga final Piala Liga 2020-2021. Berikut ini delapan di antaranya:

1. Laga final Piala Liga 2021 harusnya digelar pada 28 Februari silam. Namun panitia memundurkan jadwal agar partai puncak dapat disaksikan langsung oleh suporter meski dengan jumlah maksimal 8.000 orang.

2. Paul Tierney telah ditunjuk sebagai wasit duel Manchester City kontra Tottenham. Ini menjadi kesempatan pertama bagi wasit berusia 40 tahun tersebut memimpin laga final Piala Liga.

3. Duel kontra Manchester City menjadi kali kesembilan Tottenham berlaga di final Piala Liga. Dari delapan kesempatan sebelumnya, tim asal London Utara itu sukses memenangi empat di antaranya.

4. Tottenham terakhir kali berlaga di final Piala Liga pada 2008 silam dan berhasil keluar sebagai juara. Ironisnya, itu menjadi trofi bergengsi terakhir yang mampu mereka dapatkan.

5. Bagi Manchester City, ini menjadi kali kesembilan berlaga di final Piala Liga. Hebatnya, mereka hanya gagal meraih juara dalam dua kesempatan.

6. Manchester City menjadi tim kedua yang berlaga di empat final Piala Liga secara beruntun. mereka menyamai rekor Liverpool yang melakukannya lebih dulu antara tahun 1981 dan 1984.

7. Manchester City juga berpeluang menyamai rekor Liverpool dengan menjuarai Piala Liga empat kali secara beruntun. Namun mereka harus lebih dulu mengalahkan Tottenham.

8. Kemenangan atas Tottenham juga akan membuat Guardiola memecahkan rekor sebagai manajer pertama yang mampu meraih empat trofi Piala Liga secara beruntun. Sementara Liverpool menorehkan rekor serupa dengan dua manajer berbeda yaitu Bob Paisley dan Joe Fagan.