BolaSkor.com - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor 5-1, pada laga kedua Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12) sore WIB.

Dalam laga tersebut, gol Timnas Indonesia dilesakkan oleh Asnawi Mangkualam Bahar (penalti 23'), Irfan Jaya (34'), Witan Sulaeman (56'), Ezra Walian (77'), dan Evan Dimas (84'). Sedangkan satu gol Laos dicetak Kydavone Souvanny (41').

Hasil ini menempatkan Timnas Indonesia menduduki posisi puncak klasemen sementara Grup B dengan 6 poin dari 2 laga. Unggul produktivitas gol dari Malaysia di tempat kedua dengan poin yang sama.

Baca Juga:

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Bantai Laos 5-1

Ungkapan Teerasil Dangda, Samai Rekor Gol Noh Alam Shah di Piala AFF

Vietnam di tempat ketiga dengan poin sama, juga kalah selisih gol. Sesaat lagi, Vietnam baru akan menghadapi Malaysia, Minggu (12/12), sesudah laga Timnas Indonesia lawan Laos.

Adapun Kamboja menempati urutan keempat dengan 0 poin. Disusul Laos juga dengan poin yang sama di dasar klasemen.

Tak hanya itu, laga ini juga melahirkan sejumlah fakta menarik. Berikut 8 fakta menarik usai Timnas Indonesia bantai Laos 5-1 yang disusun BolaSkor.com:

1. Ini merupakan kemenangan ke-9 Timnas Indonesia atas Laos. Tanpa kekalahan dan hanya sekali imbang.

2. Timnas Indonesia sudah menjebol gawang Laos sebanyak 42 gol. Hanya kebobolan 9 gol.

3. Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, dan Elkan Baggott menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia Senior di Piala AFF

4. Gol Asnawi Mangkualam merupakan gol debutnya di Piala AFF.

5. Gol Irfan Jaya juga merupakan gol debutnya di Piala AFF.

6. Gol Witan Sulaeman dan Ezra Walian juga merupakan gol debutnya di Piala AFF.

7. Gol yang dicetak Kydavone Souvanny merupakan gol perdana Laos di Piala AFF 2020. Sebelumnya Laos kalah dari Vietnam (0-2) dan Malaysia (0-4).

8. Fachruddin Aryanto jadi pemain Timnas Indonesia yang sering tampil di Piala AFF. Melewati rekor Kurniawan Dwi Yulianto, Hendro Kartiko, dan Evan Dimas.

Bek Madura United itu sudah membela Timnas Indonesia di Lima edisi Piala AFF (2012, 2014, 2016, 2018, dan 2020).