8 Juara Piala Dunia yang Pernah Direkrut Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 03 Februari 2023
8 Juara Piala Dunia yang Pernah Direkrut Chelsea
Juan Mata dan Fernando Torres (Twitter)

BolaSkor.com - Segalanya berjalan cepat untuk gelandang berpaspor Argentina, Enzo Fernandez, dalam kurun waktu kurang dari setahun ini. Pada Juni 2022 Fernandez gabung Benfica dari River Plate dan kini sudah jadi pemecah rekor transfer di Inggris.

Rekor itu dipecahkan setelah Chelsea membelinya pada Januari 2023 pada deadline bursa transfer dari Benfica. Todd Boehly dan Behdad Eghbali dengan gigih berusaha keras merampungkan transfer Fernandez setelah sempat ditolak Benfica.

Chelsea pun memecahkan rekor transfer termahal di Inggris sebesar 105,6 juta poundsterling, melalui banderol 103 juta poundsterling Jack Grealish ketika diboyong Manchester City dari Aston Villa pada 2021.

Baca Juga:

Dikenalkan Chelsea, Enzo Fernandez Salut dengan Kegigihan The Blues

Sederet Informasi Mengenai Rekor Transfer Chelsea di Inggris, Enzo Fernandez

Enzo Fernandez dan Tren Buruk Rekrutan Mahal dari Benfica

Catatan menarik lainnya adalah Fernandez berstatus juara Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina, ia bahkan terpilih jadi Pemain Muda Terbaik turnamen. Ini bukan kali pertama Chelsea merekrut pemain dengan status juara Piala Dunia. Siapa saja nama lainnya?

1. Didier Deschamps dan Petit (1998)

Didier Deschamps dan Emmanuel Petit gabung Chelsea dan bertemu kompatriotnya yang sudah ada di sana, Frank Leboeuf dan Marcel Desailly. Deschamps gabung Chelsea pada 1999 dari Juventus setelah sukses jadi juara dunia bersama Prancis.

Deschamps pun bermain selama semusim di Chelsea sebelum pindah kembali ke Valencia dan di sana ia sempat memenangi Piala FA. Sementara itu Petit baru gabung Chelsea pada 2001 setelah sempat bersama dengan Monaco, Arsenal, dan Barcelona.

Kendati datang tiga tahun setelah juara Piala Dunia, Petit tetap menyandang status juara bertahan karena Piala Dunia berikutnya baru dimulai pada 2002. Petit bertahan empat tahun di Chelsea sebelum gantung sepatu.

2. Juliano Belletti (2002)

Timnas Brasil merengkuh trofi Piala Dunia kelima mereka pada 2002 kala dihelat di Korea Selatan dan Jepang. Juliano Belletti bukan bagian pemain reguler dalam skuad tapi tetap sukses mendapatkan medali Piala Dunia.

Dia bermain selama lima menit pada 2002 jelang akhir laga semifinal melawan Turki (Brasil menang 1-0). Belletti cukup inisiatif karena mengambil dokumen dengan merekam suasana di balik layar Brasil dan itu dijadikan bagian penting dalam film dokumenter.

Pasca Piala Dunia 2002 Belletti tidak langsung ke Chelsea melainkan Villarreal, klub Eropa pertama yang dibelanya selama dua tahun sebelum ke Barcelona (2004-2007). Baru setelahnya Belletti bermain dengan Chelsea.

Dalam kurun waktu tiga tahun di Chelsea, Belletti mencatatkan 94 penampilan, mencetak lima gol dan memenangi satu titel Premier League, dua Piala Fa, dan satu Community Shield.

3. Marco Amelia (2006)

Bukan kiper utama di mana pun ia bermain tapi namanya tetap familiar untuk fans lawas. Ketika Italia juara Piala Dunia 2006, Marco Amelia merupakan kiper pilihan ketiga setelah Gianluigi Buffon dan Angelo Peruzzi.

Di level klub Amelia bermain untuk Livorno, Lecce, Parma, Parlemo, Genoa, AC Milan, Perugia, dan baru pada 2015 Chelsea merekrutnya. Alasannya, Thibaut Courtois cedera dan ia jadi pelapis Asmir Begovic meski pada akhirnya tak pernah bermain.

4. Cesc Fabregas, Fernando Torres, Juan Mata, dan Pedro

Spanyol mendominasi Eropa dan dunia pada medio 2008-2012. Dalam kurun waktu tersebut La Furia Roja dua kali juara Piala Eropa (2008 dan 2012) dan satu Piala Dunia (2010). Chelsea pun sempat merekrut empat nama yang berada dalam skuad Spanyol tersebut.

Fernando Torres jadi yang pertama datang pada Januari 2011 sebesar 50 juta poundsterling dari Liverpool. El Nino bertahan selama empat tahun dan memenangi Liga Champions, Liga Europa, serta Piala FA meski secara personal tak mampu mendulang banyak gol.

Juan Mata menyusul kompatriotnya itu pada musim panas 2011 setelah sebelumnya bermain di Valencia. Mata bermain selama tiga tahun sebelum ke Manchester United dan kini memperkuat Galatasaray. Mata dan Torres membantu Chelsea meraih sukses.

Keduanya pun pergi sebelum Chelsea merekrut Cesc Fabregas pada musim panas 2014 dari Barcelona dan bermain selama lima tahun. Kemudian, pada musim panas 2015 Pedro menyusul Fabregas, juga dari Barcelona.

Seperti halnya Torres dan Mata, Fabregas dan Pedro juga membantu Chelsea sukses meraih trofi pada ajang Premier League dan Piala FA. Pedro bahkan melengkapi perolehan trofinya dengan titel Liga Europa.

Trivia Sepak Bola Piala Dunia Chelsea Enzo Fernandez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan