8 Kiper yang Berhasil Cetak Gol dalam Sejarah LaLiga

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 30 Maret 2021
8 Kiper yang Berhasil Cetak Gol dalam Sejarah LaLiga
Marko Dmitrovic (LaLiga)

BolaSkor.com - Untuk pertama kalinya dalam sejarah LaLiga, ada dua kiper yang mencetak gol di musim yang sama. Bono dan Dmitrovic masuk ke jajaran kiper yang berhasil mencetak gol dalam sejarah LaLiga.

Yassine Bounou ‘Bono’ adalah kiper terkini yang berhasil mencetak gol. Caranya mencetak gol sangat luar biasa.

Ketika pertandingan akan segera berakhir, Sevilla FC tertinggal 1-0 dari Real Valladolid. Sevilla memiliki peluang terakhir dari tendangan sudut untuk mencuri poin di Stadion Jose Zorilla.

Baca Juga:

Ingin Rekrut Haaland dan Mbappe Bersamaan, Madrid Korbankan Enam Pemain

Anomali Erling Haaland: Menggila di Klub, Melempem dengan Timnas Norwegia

Pengorbanan Barcelona untuk Rekrut Erling Haaland

Bono

Bono ikut maju membantu serangan. Luuk de Jong berhasil menyundul bola hasil tendangan sudut untuk kemudian dioper ke Youssef En-Nesyri. Kemudian En-Nesyri mengoper bola ke Bono yang langsung menendang bola ke gawang layaknya seorang penyerang berpengalaman. Gol pun tercipta.

Namun, Bono bukanlah kiper pertama yang berhasil mencetak gol di LaLiga. Faktanya, hingga saat ini ada delapan kiper yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Marko Dmitrovic

Musim 20202021 menjadi musim yang unik dengan segala alasan, termasuk musim pertama di mana ada dua kiper yang berhasil mencetak gol. Marko Dmitrovic mengejutkan semua orang ketika maju sebagai eksekutor penalti untuk SD Eibar melawan Atletico Madrid pada pekan ke-19.

Pada pertandingan itu, ia berhasil mengecoh Jan Oblak yang sangat tangguh di bawah mistar Atletico. Beberapa pekan berikutnya, Dmitrovic kembali menjadi eksekutor penalti Eibar Ketika melawan Cadiz CF. Namun, kali ini ia harus mengakui kehebatan kiper lawan, Conan Ledesma.

Dani Aranzubia

Sebelum Bono, satu-satunya kiper yang berhasil mencetak gol di LaLiga dari open play adalah Dani Aranzubia. Saat itu, RC Deportivo tertinggal 1-0 dari tuan rumah UD Almeria, dan Aranzubia berhasil mencetak gol penyama kedudukan melalui sundulan dari skema tendangan sudut di menit akhir.

Nacho Gonzalez

Nacho Gonzalez meninggalkan kesan yang tak terlupakan dua dekade lalu. Mantan kiper UD Las Palmas itu menjadi satu-satunya kiper dalam sejarah LaLiga yang mencetak dua gol dalam sebuah pertandingan, yakni ketika mengkonversi dua penalti menjadi gol ketika melawan CA Osasuna.

Tendangan penaltinya juga sempurna: tepat sasaran, bertenaga, dan kencang.

Gonzalez lalu sering mencetak gol penalti, termasuk ketika melawan CD Tenerife, RCD Mallorca, RCD Espanyol, dan Athletic Bilbao.

Toni Prats

Toni Prats

Prats masih dikenang oleh para penggemar LaLiga setelah ia sering mengambil tendangan bebas untuk Real Betis pada musim 1999-2000. Mantan kiper Verdiblanco ini pernah membobol gawang kiper-kiper legendaris LaLiga, seperti Jose Molina (Atletico Madrid) dan Iker Casillas (Real Madrid).

Ia adalah kiper pertama dalam sejarah LaLiga yang mencetak gol dari tendangan bebas. "Ketika melawan Atletico Madrid, saya beruntung karena bola sempat membentur pagar betis sebelum akhirnya masuk ke gawang"” katanya dalam wawancara dengan LaLiga. "Dan melawan Real Madrid, saya berhasil mengejutkan Iker Casillas."

Tiga kiper yang berhasil mencetak gol sebelum tahun 1990an: Carlos Fenoy, Chilavert, dan Santamaria

Carlos Fenoy menjadi kiper unggulan diantara tiga nama ini, dengan catatan lima gol penalti untuk RC Celta di musim 1976-1977. Bahkan, jumlah golnya menjadikan Fenoy sebagai top skorer tim pada musim tersebut.

Ia kemudian mencetak gol penalti lagi bagi Real Valladolid di musim 1984-1985, membuat catatan gol penaltinya menjadi enam gol. Kiper andalan timnas Paraguay, Jose Luis Chilavert (1990) dan Santamaria (1976) juga mencetak gol dari titik penalti.

LaLiga Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan