8 'Mata-mata' Jepang yang Berkarier di Jerman

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 23 November 2022
8 'Mata-mata' Jepang yang Berkarier di Jerman
Timnas Jepang (Twitter)

BolaSkor.com - Kemenangan bersejarah Arab Saudi atas Argentina (2-1) dapat memotivasi negara Asia lainnya di Piala Dunia 2022. Salah satu negara Asia yang akan bertanding adalah Jepang melawan Jerman di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11) pukul 20.00 WIB.

Seperti halnya Argentina, Jerman juga negara besar sepak bola dan punya status unggulan juara Piala Dunia 2022, meski faktanya mereka pada 2018 silam terpuruk dan kandas di fase grup kendati berstatus juara bertahan.

Dalam kurun waktu empat tahun segalanya dapat berubah dan begitu juga Jerman. Jepang selayaknya waspada, tetapi tim arahan Hajime Moriyasu bisa mendapatkan informasi dari pemain yang jadi 'mata-mata' di dalam skuadnya.

Delapan pemain dari 26 pemain yang dibawa Moriyasu ke Qatar berkarier di Jerman. Itu selayaknya diwaspadai Jerman, bahkan pelatih Jerman, Hansi Flick, mengakui dirinya sebagai fans sepak bola Jepang karena tertarik melihat pemain Jepang yang berkarier di Jerman.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Grup C-D Piala Dunia 2022: Prancis Berada di Puncak

Argentina 1-2 Arab Saudi: Green Falcons Akhiri Rekor Tak Pernah Kalah Albiceleste

Prediksi dan Statistik Spanyol Vs Kosta Rika: Laga Pembuka Kerap Jadi Mimpi Buruk La Furia Roja

"Saya harus menunjukkan diri saya sebagai penggemar sepak bola Jepang. Mereka benar-benar melakukannya dengan baik," ujar Flick.

"Kami melihat kualitas yang mereka miliki di Bundesliga dengan (Daichi) Kamada dari Eintracht Frankfurt memainkan musim yang hebat atau (Wataru) Endo, yang merupakan salah satu gelandang terbaik di Bundesliga."

Siapa saja kedelapan pemain tersebut?

1. Ko Itakura

Bek yang dapat bermain sebagai gelandang bertahan. Ko Itakura (25 tahun) saat ini membela Borussia Monchengladbach dan mengawali karier di Kawasaki Frontale. Dengan talentanya ia berkembang.

Itakura bahkan pernah membela Manchester City, Groningen, Schalke, sebelum pergi permanen ke Gladbach pada 2022. Itakura sudah punya 13 caps dan satu gol dengan Jepang.

2. Maya Yoshida

Kapten timnas Jepang berusia 34 tahun. Maya Yoshida baru menjalani musim debutnya di Bundesliga dengan Schalke, setelah sebelumnya memperkuat Nagoya Grampus, Venlo, Southampton, dan Sampdoria.

Yoshida kaya pengalaman merumput di Eropa di lima liga top Eropa dan pengalamannya itu akan jadi kekuatan berharga di pertahanan Jepang. Yoshida punya 122 caps dan 12 gol dengan Jepang.

3. Hiroki Ito

Satu lagi pemain serba bisa dalam skuad terkini Jepang. Baru berusia 23 tahun, Hiroki Ito dapat bermain sebagai bek tengah atau kiri dan juga baru menjalani musim pertama di Jerman bersama Stuttgart.

Ito jebolan akademi Jubilo Iwata yang kemudian dipinjamkan ke Nagoya Grampus, Stuttgart, sebelum klub mempermanenkan kontraknya hingga 2025. Belum punya banyak pengalaman di timnas Jepang karena baru memulai debut Juni lalu.

4. Wataru Endo

Seperti yang dikatakan Flick, Wataru Endo salah satu gelandang top di Bundesliga dan bahkan menjadi kapten di Stuttgart. Dia berposisi sebagai gelandang bertahan dengan kemampuan mengatur ritme bermain.

Endo (29 tahun) sudah membela Stuttgart sejak 2020 setelah sebelumnya bermain di Shonan Bellmare, Urawa Red Diamonds, dan Sint-Truiden. Endo sudah memiliki 43 caps dan dua gol dengan Jerman.

5. Ritsu Doan

Satu nama lainnya berposisi sebagai winger atau penyerang sayap, yakni Ritsu Doan. Pemain berumur 24 tahun membela SC Freiburg pasca pindah dari PSV Eindhoven pada musim panas 2022. Ia juga sempat dipinjamkan ke Arminia Bielefeld.

Sebelum dengan Freiburg, Doan membela Gamba Osaka, Groningen, PSV, dan Bielefeld. Dengan Jepang Doan sudah punya 29 caps dan menorehkan tiga gol.

6. Daichi Kamada

Menjuarai Liga Europa dengan Eintracht Frankfurt, klub yang sudah dibelanya sejak 2017 pasca memperkuat Sagan Tosu dan J. League U-22. Daichi Kamada juga sempat menambah pengalaman bermain di klub Belgia, Sint-Truiden, sebagai pemain pinjaman.

Pada posisi gelandang serang atau penyerang karena ia bisa bermain di kedua posisi itu, Kamada memberikan kreativitas permainan dan tipikal gelandang serang modern yang rajin mencari ruang atau bermain melebar. Kamada berusia 26 tahun dan punya enam gol dari 22 caps bersama Jepang.

7. Ao Tanaka

Namanya tidak terlalu populer dibanding nama lainnya dan dapat dimaklumi, sebab Ao Tanaka (24 tahun) bermain di 2. Bundesliga atau kasta kedua sepak bola Jerman bersama Fortuna Dusseldorf. Fortuna mempermanenkan kontraknya setelah meminjamnya dari Kawasaki Frontale.

Kendati bermain di 2. Bundesliga, Tanaka tidak lepas dari pengamatan staf kepelatihan Moriyasu dan membawanya ke Piala Dunia 2022. Posisi bermain Tanaka adalah gelandang.

8. Takuma Asano

Fans Arsenal tidak asing dengan nama yang satu ini. Takuma Asano (28 tahun) memang pernah membela The Gunners pada medio 2016-2019, namun ia belum sekali pun bermain dengan mereka dan ia dipinjamkan ke Stuttgart dan Hannover.

Eks pemain Sanfrecce Hiroshima sempat berkarier di Serbia dengan Partizan Belgrade sebelum ke Bochum pada 2021. Berposisi sebagai penyerang, pengalaman Asano menghadapi bek-bek Bundesliga akan berharga untuk Jepang.

Jepang Timnas Jepang Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Trivia Sepak Bola Bundesliga Bundesliga Jerman
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan