BolaSkor.com - Kurang dari satu bulan lagi Liga 1 2020 akan kembali digelar, tapatnya pada 1 Oktober 2020 mendatang. Tapi nampaknya lanjutan Liga 1 2020 tidak semenarik pada awal musim.

Hal ini lantaran ada beberapa pemain asing andalan tim yang tak meneruskan kontraknya dan memilih pindah ke klub lain karena tidak bisa kembali ke Indonesia lantaran COVID-19. Hingga saat ini terhitung ada delapan pemain yang mundur dari timnya.

BolaSkor.com mencoba merangkum kedelapan pemain tersebut dan memberikan alasannya mengapa tidak lagi bergabung bersama dengan timnya di Liga 1.

Baca Juga:

Osvaldo Haay Kembali Gabung Persija, Rohit Chand Masih Terganjal Penerbangan

Pelatih Persija Jakarta Sergio Farias Tiba di Jakarta Tanpa Didampingi Dua Asistennya

1. Petteri Pennanen (TIRA-Persikabo)

Petteri Pennanen menjadi pemain pertama yang memutuskan tak melanjutkan kiprahnya di Indonesia bersama TIRA-Persikabo. Pennanen memilih mundur lantaran pandemi COVID-19 yang tidak bisa ditebak dan tidak tahu kapan akan berakhir. Pemain asal Finlandia itu bahkan sudah pamitan sejak jauh-jauh hari pada 7 Juli lalu.

"Ketika menjalani kontrak bersama tim, saya tidak pernah berpikir akan berakhir seperti ini. Situasi berubah total yang membuat saya tidak bisa tinggal terlalu lama (di Indonesia)," ujar Pennanen.

"Saya berharap tim bisa mendapatkan yang terbaik dan semoga bisa bertemu lagi di lain waktu," tambah pemain asal Finlandia tersebut.

Petteri Pennanen. (Media TIRA-Persikabo)

2. Rafael Gomes de Olivera (Persela Lamongan)

Rafinha menjadi pemain yang kedua meninggalkan klub Liga 1. Salah satu alasan mengapa Rafinha gagal kembali bermain untuk Persela adalah saat pemain ini mengalami jalan buntu saat renegosiasi kontrak bersama manajemen tim.

Bersama Laskar Joko Tingkir, Rafinha sudah bermain selama satu setengah tahun. Ia menjadi salah satu andalan Persela di tengah. Hingga saat ini perannya pun belum ada yang bisa menggantikan.

"Saya telah menjalani satu setengah tahun yang luar biasa bersama Persela. Seluruh dedikasi, kerja keras dan rasa hormat saya berikan kepada tim ini. Saya selalu melakukan yang terbaik untuk menghormati kepercayaan yang telah kalian berikan kepada saya," ujar Rafinha.

"Bergabung dengan keluarga besar Persela memberikan kebahagiaan tersendiri bagi saya. Kita melewati masa sulit tetapi kita tidak pernah menyerah untuk meraih target tujuan kita. Saya mengucapkan selamat tinggal kepada Club Persela dengan rasa bangga atas semua prestasi yang sudah dicapai," tulis Rafinha di akun Instagram pribadinya.

Rafinha. (Istimewa)

3. Jonathan Bauman (Arema FC)

Striker berpaspor Argentina itu menyatakan mundur dari skuat Arema FC. Pernyataan itu disampaikannya melalui akun resmi Instagram pribadinya @jonibauman, pada Sabtu (8/8) lalu. Mundurnya Bauman ini tak lama setelah pelatih Arema FC, Mario Gomez mundur dari Arema FC.

"Melalui pernyataan ini, saya ingin menginformasikan perpisahan saya dari Arema FC. Karena kepemimpinan klub telah diberi tahu, proyek yang memotivasi saya dan menyatukan institusi memiliki beberapa perubahan sebagai hasil dari COVID-19," tulis Jonathan Bauman.

Jonathan Bauman. (BolaSkor.com/Kristian Joan)