BolaSkor.com - Agen pemain sepak bola profesional berperan penting di balik keberhasilan pemain berganti klub atau meningkatkan kariernya di Eropa. Talenta pesepakbola tidak akan terlihat begitu saja tanpa adanya agen yang memasarkannya di antara klub-klub Eropa.

Saking besarnya peran agen pemain, beberapa di antaranya memiliki penghasilan besar dan punya pengaruh signifikan di balik transfer pemain. Hanya segelintir agen-agen yang masuk kategori agen top Eropa seperti: Jorge Mendes, Pini Zahavi, dan Mino Raiola.

Baca Juga:

Ikuti Arahan Solskjaer, Raiola Sepakat Paul Pogba Bertahan di Manchester United

Mino Raiola Disebut Keruk Uang AC Milan hingga 100 Juta Euro

5 Agen Pemain Berpredikat Super

Nama yang disebut terakhir paling sering menghiasi pemberitaan media. Raiola sudah kadung dicap sebagai agen 'mata duitan' di Eropa, tapi, pemain senang menggunakan servisnya karena Raiola bisa mewujudkan transfer impian pemain ke klub lain.

Baru ini bahkan ada kabar Raiola melakukan negosiasi dengan agen bintang muda Manchester United, Marcus Rashford, agar dia bisa menjadi agennya. Di United, Raiola sudah memiliki dua pemain yang menjadi kliennya.

Klien-klien Raiola bertebaran di Eropa dan sebagian besar bermain di klub-klub besar. BolaSkor.com akan merangkum delapan pemain di antaranya yang masuk kategori pemain terbaik, berikut ulasannya:

1. Paul Pogba - Manchester United

Paul Pogba Manchester United
Caption

Juara Piala Dunia 2018 dengan timnas Prancis. Nama Paul Pogba selalu ada di bursa transfer pemain dan mengaitkan kepindahannya dari Manchester United ke Real Madrid. Baru berusia 26 tahun, Pogba dibanderol lebih dari 89 juta poundsterling saat ini.

2. Romelu Lukaku - Inter Milan

Romelu Lukaku Inter Milan
Romelu Lukaku

Tengah menggila bersama Inter Milan saat ini. Romelu Lukaku telah mencetak 18 gol untuk Nerazzurri di seluruh kompetisi dan ini jadi musim perdananya di Italia setelah delapan tahun bermain di Inggris. Lukaku pindah dari Man United sebesar 80 juta euro dan transfernya bisa terealisasi berkat campur tangan Raiola.

3. Erling Braut Haaland - Borussia Dortmund

Erling Braut Haaland Borussia Dortmund
Erling Braut Haaland

Masa depan cerah dimiliki striker Norwegia berusia 19 tahun, Erling Braut Haaland. Raiola bukan hanya menjadikan pemain matang, berpengalaman, dan berkualitas sebagai kliennya, melainkan juga mereka yang berbakat-muda dan punya masa depan cerah.

Erling Braut Haaland salah satunya. Musim ini dia telah mencetak 28 gol dari 22 penampilan di seluruh kompetisi untuk RB Salzburg sebelum pindah ke Borussia Dortmund pada Januari 2020. Dia digadang-gadang sebagai suksesor Robert Lewandowski di Dortmund.

4. Gianluigi Donnarumma - AC Milan

Gianluigi Donnarumma AC Milan
Gianluigi Donnarumma dan Piatek

Meski baru-baru ini kiprahnya tidak terlalu disorot karena penampilan yang menurun, publik lupa bahwa Gianluigi Donnarumma baru berusia 20 tahun. Dengan pengalaman bermain reguler di Milan dan juga internasional dengan timnas Italia, Donnarumma masih bisa berkembang pesat.

Dia memulai debutnya pada usia 16 tahun 242 hari pada Oktober 2015 ketika Milan dilatih oleh Sinisa Mihajlovic.

5. Marco Verratti - PSG

Marco Verratti PSG
Marco Verratti

Entah sampai kapan Marco Verratti bertahan di PSG (Paris Saint-Germain), klub yang sudah dibelanya dari tahun 2012. Pada usia 27 tahun, Verratti masih diminati oleh banyak klub-klub top Eropa. Berposisi sebagai gelandang, kemampuannya mengatur tempo bermain di lini tengah tak perlu diragukan lagi.

6. Alessio Romagnoli - AC Milan

Alessio Romagnoli AC Milan
Alessio Romagnoli

Meski penampilan Milan inkonsisten selama beberapa tahun terakhir, Alessio Romagnoli selalu jadi pemain andalan sejak bermain di klub dari 2015. Usianya masih 24 tahun dan Romagnoli menjadi kapten bagi Rossoneri. Penampilan dan harganya masih dapat terus berkembang - khususnya karena ditangani oleh Raiola.

7. Henrikh Mkhitaryan - AS Roma

Henrikh Mkhitaryan AS Roma
Henrikh Mkhitaryan

Cedera dan inkonsistensi bermain menjadikannya pemain yang tak sama lagi seperti kala memperkuat Dortmund (2013-2016). Henrikh Mkhitaryan kini bermain di Roma sebagai pemain pinjaman dari Arsenal. Sebelumnya pemain asal Armenia berusia 30 tahun bermain di Man United.

8. Lorenzo Insigne - Napoli

Lorenzo Insigne Napoli
Lorenzo Insigne

Penyerang sayap mungil berusia 28 tahun bermain di Napoli sejak tahun 2010, sempat dipinjamkan ke Cavese, Foggia, dan Pescara. Produk akademi Napoli tetap loyal di Napoli meski dirinya tidak sepi peminat dari klub-klub Eropa.

Selain nama-nama tersebut, beberapa klien Raiola lainnya adalah: Alphonse Areola (Real Madrid), Jesse Lingard (Manchester United), Zlatan Ibrahimovic (AC Milan), Moise Kean (Everton), Mario Balotelli (Brescia), Justin Kluivert (AS Roma).