BolaSkor.com - Duel antara Liverpool dan Arsenal dalam sejarah sepak bola Inggris tidak melulu diwarnai drama besar, atau gengsi sebesar North West Derby antara Liverpool melawan Manchester United, atau Derby London Utara Arsenal kontra Tottenham Hotspur.

Meski begitu dengan status Liverpool dan Arsenal sebagai dua tim besar di Inggris, pertemuan keduanya selalu jadi sajian menarik bagi pecinta sepak bola Inggris. Liverpool dengan status tim tersukses di Inggris dan Arsenal dengan DNA bermain yang sudah diwarisi Arsene Wenger.

Sejumlah pemain juga cukup beruntung pernah bermain di kedua klub prestisius Inggris tersebut. Berikut BolaSkor menjabarkan delapan pemain yang pernah membela Liverpool dan Arsenal. Siapa saja?

Baca Juga:

Liverpool Akan Menguji Catatan Impresif Pertahanan Arsenal

Aubameyang Cedera, Arsenal Harap-harap Cemas Sambangi Anfield

Bukan Liverpool, Marco Asensio Disarankan Hengkang ke Arsenal

1. Ray Kennedy

Pemain tersukses kala membela Arsenal dan Liverpool. Total 18 trofi dimenanginya selama 14 tahun dengan kedua klub. Ray Kennedy mengawali karier sebagai penyerang sentral dan debutnya di Arsenal terjadi pada 1969.

Kennedy di Arsenal hingga 1974 dan di sana ia memenangi satu titel Divisi Satu (format sebelum Premier League) dan Piala FA. Pasca pindah ke Liverpool 200.000 poundsterling, Kennedy semakin berjaya dengan lima titel Divisi Satu dan tiga Piala Eropa (Liga Champions).

2. Michael Thomas

Gelandang asal Inggris merupakan produk asli akademi Arsenal kala masih bermarkas di Highbury. Michael Thomas membela klub dari 1984-1991 dan satu momen yang diingatnya terjadi pada musim 1988-1989.

Gol telatnya ke gawang Liverpool memberikan titel kepada Arsenal dan merenggutnya dari Liverpool, tim yang kemudian dibelanya dari 1991 hingga 1998 setelah ia bersitegang dengan George Graham (manajer Arsenal).

Di Liverpool Thomas jarang main karena cedera hingga akhirnya gabung tim Graeme Souness di Benfica. Meski begitu Thomas memenangi titel dengan kedua klub tersebut.

3. Nicolas Anelka

Pemain yang satu ini memang terkenal banyak membela klub-klub di Eropa, termasuk dua di antaranya di Arsenal (1997-1999) dan Liverpool (2001-2002). Anelka direkrut Arsenal dari PSG sebesar 500.000 poundsterling dan mewarnai awal era Arsene Wenger.

Anelka, dengan posisinya sebagai penyerang, pemain kunci Arsenal kala memenangi titel Premier League dan Piala FA pada 1998. Sementara dengan Liverpool, Anelka pemain pinjaman dengan catatan 22 laga dan torehan lima gol.

4. Alex Manninger

Kiper yang berkarier dari 1995 hingga 2017. Penjaga gawang asal Austria direkrut Arsenal pada 1997 dari Grazer AK untuk melapis David Seaman. Ketika bermain ia tak mengecewakan dan membantu Arsenal memenangi titel Premier League dan Piala FA.

Pasca pergi dari Arsenal pada 2002, Alex Manninger menghiasi kariernya di Fiorentina, Espanyol, Torino, Bologna, RB Salzburg, Udinese, dan Juventus sebelum pensiun pada musim 2016-2017 dengan Liverpool.

5. Jermaine Pennant

Mantan pemain dengan posisi penyerang sayap klasik: menyisir sisi sayap dan kerap melepaskan umpan silang. Arsenal merekrutnya dari Notts County seharga dua juta poundsterling pada 1999 dan menjadikannya pemain muda yang bermain di Arsenal.

Selama tujuh tahun di Arsenal Pennant hanya lima kali jadi starter, sebab ia banyak dipinjamkan ke klub lain dari Watford, Leeds United, hingga Birmingham City. Pennant diboyong Liverpool pada 2006 dan bermain tiga tahun di sana, menorehkan tiga gol dari 81 laga.

6. Kolo Toure

Mantan bek timnas Pantai Gading merupakan bek tengah tangguh pada masa primanya. Kolo Toure bagian kunci dari Arsenal kala memenangi titel Premier League 2004, bertandem dengan Sol Campbell di lini belakang.

Toure tujuh tahun membela Arsenal (2002-2009), sempat membela Manchester City, sebelum ke Liverpool pada 2013 dan bermain di sana hingga 2016. Toure pensiun dengan Celtic pada 2017 silam.

7. Yossi Benayoun

Diingat sebagai salah satu pemain top asal Israel. Yossi Benayoun berposisi sebagai gelandang serang dengan kemampuan melakukan penetrasi di pertahanan lawan, serta punya visi bermain bagus.

Benayoun membela Liverpool pada medio 2007-2010 dan punya momen bersejarah di sana, khususnya kala mencetak gol ke gawang Real madrid di Liga Champions. Benayoun juga pernah dipinjamkan ke Arsenal pada musim 2011-2012.

8. Alex Oxlade-Chamberlain

Satu-satunya pemain yang masih aktif ketimbang nama-nama di atas. Oxlade-Chamberlain (28 tahun) saat ini membela Liverpool pasca direkrut dari Arsenal pada 2017. Dia pemain serba bisa yang dapat bermain di banyak posisi.

Oxlade-Chamberlain sebelumnya selama enam tahun membela Arsenal dan dia produk akademi Southampton, klub dengan akademi sepak bola yang terkenal di Eropa sebagai penghasil pemuda-pemuda berbakat.