8 Penyerang Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 31 Desember 2022
8 Penyerang Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022
Karim Benzema dan Kylian Mbappe (Twitter)

BolaSkor.com - Tahun 2022 akan segera berakhir dan event sepak bola di tahun ini tidak kalah serunya dibanding tahun-tahun sebelumnya, dengan puncak permainan terjadi pada ajang Piala Dunia 2022 Qatar yang dihelat November-Desember.

Regenerasi dalam dunia sepak bola juga terjadi dengan kemunculan pemuda-pemuda berbakat baru, tak terkecuali pada posisi penyerang. Sederet penyerang muda perlahan menggusur nama-nama senior yang sudah terkenal di Eropa.

Dalam edisi terkini BolaSkor.com akan menuturkan sejumlah penyerang yang layak masuk kategori penyerang terbaik sepanjang tahun 2022. Mereka yang layak masuk ke dalamnya merupakan penyerang yang konsisten, punya kontribusi untuk tim selama setahun, dan memenangi trofi jadi nilai plus.

Baca Juga:

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Kamar Hotel Lionel Messi di Qatar Dijadikan Museum Mini

7 Gelandang Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2022

Bawa Argentina Juara Dunia, Jurgen Klopp Takjub dengan Lionel Messi

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet penyerang terbaik sepanjang tahun 2022:

1. Karim Benzema

Pemenang Ballon d'Or 2022 dan pada musim 2021-2022 menjalani musim terbaiknya di Real Madrid. Karim Benzema mencetak total 44 gol dari 46 laga di seluruh kompetisi, membantu Los Blancos juara Liga Champions dan LaLiga.

Kendati musim ini diganggu cedera, Benzema tetap memperlihatkan level bermain penyerang top Eropa pada usia 35 tahun. Penyerang asal Prancis striker yang unik dengan kemampuannya turun dan memulai inisiatif serangan, pencipta peluang, tetapi juga penyelesai akhir yang handal.

2. Kylian Mbappe

Delapan gol di Piala Dunia 2022 serta torehan hat-trick di final sudah jadi bukti masa depan cerah Kylian Mbappe. Pemain berusia 24 tahun melanjutkan konsistensinya dalam mencetak gol, entah itu di level klub bareng PSG atau timnas Prancis.

Musim lalu 39 gol dari 46 laga di seluruh kompetisi plus 26 assists membantu PSG juara Ligue 1. Mbappe striker dengan kemampuan lengkap pada penyelesaian akhir dan akselerasi yang dapat melewati lawan. Tak ayal ia diprediksi bakal memanaskan persaingan berikutnya setelah era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berakhir.

3. Robert Lewandowski

Baru pindah ke Barcelona dan langsung beradaptasi cepat dengan kultur sepak bola klub dan juga Spanyol. Penyerang berusia 34 tahun sudah menorehkan 21 gol dari 28 laga di seluruh kompetisi dan memberikan tujuh assists.

Lewandowski jadi sosok tak tergantikan di lini depan Barcelona sebagai target man, penyelesai akhir, serta membuka ruang bagi rekan setimnya. Musim lalu mencetak 50 gol dari 46 laga bersama Bayern Munchen dan mempersembahkan titel Bundesliga.

4. Erling Haaland

Tidak bermain di Piala Dunia bukan berarti Erling Haaland bukan salah satu striker top Eropa saat ini. Torehan 20 gol dari 14 laga Premier League, di musim debutnya dan juga bareng Manchester City, sudah jadi statistik yang cukup mengerikan.

Apalagi usianya baru berumur 22 tahun. 50 gol atau lebih dalam semusim bisa dilakukannya jika ia tak cedera. Bahkan musim lalu di kala ia sering cederra, Haaland masih bisa mencetak 29 gol dari 30 laga di seluruh kompetisi dengan Borussia Dortmund.

Putra Alf-Inge Haaland memiliki segala yang dibutuhkan untuk sukses sebagai penyerang: duel bola udara, target man, fisik kuat, cepat, dan penyelesai akhir yang handal.

5. Mohamed Salah

Musim lalu tak dalam kondisi optimal tetapi Mohamed Salah (30 tahun) tetap membukukan 16 gol dari 24 laga di seluruh kompetisi, membantu Liverpool juara Piala Liga dan Piala FA meski gagal di titel Premier League serta Liga Champions.

Pada awal musim 2022-2023 Mo Salah langsung tancap gas dengan torehan tujuh gol dari 16 laga di seluruh kompetisi. Dalam penampilan terrbaiknya, Mo Salah salah satu penyerang sayap top di Eropa dengan kelincahan dan naluri mencetak gol tinggi.

6. Harry Kane

Di bawah arahan Antonio Conte peran Harry Kane bertransformasi dari sekedar penyerang pencetak gol, menjadi pencipta peluang bagi rekan setim. Musim lalu memberikan 10 assists dan mencetak 27 gol dari 50 laga di seluruh kompetisi.

Kapten timnas Inggris melanjutkannya dengan 14 gol dari 23 di seluruh kompetisi dengan Tottenham Hotspur musim ini. Kualitasnya itu menjadikannya salah satu striker top di Eropa.

7. Olivier Giroud

Sudah selayaknya ada di daftar ini. Pada usia 36 tahun Olivier Giroud belum habis dan musim lalu membantu AC Milan memenangi Scudetto, di kala Zlatan Ibrahimovic cedera. Giroud mencetak 14 gol dari 38 laga di seluruh kompetisi.

Musim ini pun total mencetak 14 gol di level klub dan juga timnas Prancis, di mana pada Piala Dunia 2022 ia mencetak empat gol dari enam laga dan membawanya melewati rekor Thierry Henry sebagai top skorer sepanjang masa Prancis. Giroud bukan penyerang lincah tapi ia penyelesai akhir yang oportunis.

8. Lionel Messi

Memenangi Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina dan menjadi kreator serangan tim selain penyelesai akhir. Lionel Messi (35 tahun) menyempurnakan kariernya dengan titel tersebut setelah memenangi Liga Champions dan tujuh Ballon d'Or.

Produktivitas golnya menurun tetapi Messi tetap jadi solusi bagi lini depan tim yang dibelanya. Dengan kualitas dan pengalamannya ia dapat membantu tim dan jadi pembeda. Musim ini Messi sudah mencetak 19 gol dari 27 laga di level klub dan timnas.

Trivia Sepak Bola Messi Lionel Messi Karim Benzema Erling Haaland Kylian Mbappe
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.137

Bagikan