8 Statistik Menarik Jelang Ajax Vs Tottenham, Adu Kreativitas Son Vs Ziyech

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 08 Mei 2019
8 Statistik Menarik Jelang Ajax Vs Tottenham, Adu Kreativitas Son Vs Ziyech
Ajax Amstedam vs Tottenham Hotspur (BolaSkor.com)

BolaSkor.com - Liverpool menanti pemenang laga antara Ajax Amsterdam kontra Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2018-19. Tottenham akan menyambangi Johan Cruyff Arena, markas Ajax Amsterdam, Kamis (9/5) dini hari WIB dengan ketertinggalan agregat gol 0-1.

Untungnya salah satu penyerang andalan Spurs, Son Heung-min, sudah bisa tampil kembali di leg dua nanti setelah terkena akumulasi kartu di leg pertama. Kehadiran Son akan menambah kekuatan Spurs asuhan Mauricio Pochettino di lini depan.

Tanpa Harry Kane yang cedera, Dele Alli yang inkonsisten bermain, dan Christian Eriksen yang notabene bukan penyerang, Son menjadi ujung tombak Spurs. Penyerang asal Korea Selatan (Korsel) itu telah mencetak 20 gol di seluruh kompetisi musim ini.

Selain itu, Son bisa dimainkan di kedua sisi sayap dengan sama baiknya atau juga sebagai penyerang sentral, apabila Pochettino memilih memainkannya di area tersebut ketimbang Fernando Llorente. Kehadiran Son akan menjadi alarm peringatan bagi lini belakang Ajax.

Baca Juga:

Tottenham Hotspur 0-1 Ajax: Jalan ke Final Makin Berat buat The Lilywhites

Berdarah Belanda, Pelatih Persib Bandung Prediksi Peluang Ajax saat Hadapi Tottenham

Ajax Amsterdam Vs Tottenham Hotspur: Pengalaman Manis The Lilywhites 38 Tahun Silam

Son Heung-min

Kreativitas bermain Son di lini depan akan menjadi andalan Spurs di laga nanti. Begitu juga dengan Ajax asuhan Erik ten Hag yang memiliki Hakim Ziyech. 20 gol dan 18 assists telah ditorehkan Ziyech di seluruh kompetisi musim ini.

Berbeda dengan Son yang memiliki kecepatan, kelincahan, dan naluri mencetak gol yang tinggi, Ziyech lebih dinamis dengan caranya bermain di banyak posisi dan peran bebas yang diberikan Ten Hag. Gelandang serang asal Maroko kreator bagi timnya.

Mengalirnya permainan ofensif Ajax musim ini banyak dibantu oleh keberadaan Frenkie de Jong dan Ziyech - keduanya punya imajinasi bermain yang bagus. Ziyech kerapkali beredar di area 16 meter lawan, sementara De Jong menjembatani transisi bermain dari bertahan ke penyerangan.

Hakim Ziyech

Ziyech dan Son memilik statistik personal jelang laga nanti. Termasuk statistik keduanya, berikut delapan statistik jelang leg dua semifinal Liga Champions:

1. Hanya satu tim yang kalah di leg pertama semifinal Liga Champions di laga kandang dan melaju ke final - Ajax pada musim 1995-96.

2. Tottenham akan menjadi tim berbeda ke-40 yang mencapai final Piala Eropa atau final Liga Champions dan pertama yang mencapai final pertama mereka sejak rival London, Chelsea pada 2008.

3. Ajax telah memainkan 17 laga Liga Champions musim ini, termasuk enam kualifikasi. Mereka hanya kalah sekali dari laga-laga tersebut - kalah 1-2 di laga kandang melawan Real Madrid di 16 besar.

4. Ajax tanpa kemenangan di tiga laga kandang Liga Champions terakhir. Termasuk saat kalah dari Real Madrid, mereka imbang dengan Juventus di perempat final dan Bayern Munchen di fase grup.

5. Kekalahan terbesar Ajax di kandang dari tim Inggris terjadi 38 tahun lalu - 1-3 saat melawan Tottenham pada September 1981.

6. Son telah mencetak separuh dari gol-gol Tottenham di fase gugur Liga Champions - empat dari delapan gol.

7. Tottenham hanya punya satu tendangan tepat sasaran di leg satu semifinal kontra Ajax, catatan terendah di laga Liga Champions.

8. Hakim Ziyech telah mencetak gol atau memberi assist empat dari lima gol Ajax di fase gugur Liga Champions, termasuk kala memberi assist untuk gol Donny van de Beek di markas Tottenham.

Breaking News Liga Champions Ajax Ajax amsterdam Tottenham Tottenham Hotspur Hakim Ziyech Son heung-min
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan