BolaSkor.com - Bursa transfer musim dingin 2020 telah berakhir seiring berakhirnya bulan Januari. Beberapa kejutan terjadi dan ada juga transfer-transfer dengan biaya besar terjadi pada jendela transfer yang terjadi di tengah bergulirnya musim itu.

Salah satu transfer itu adalah kepindahan Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon ke Manchester United dengan banderol 55 juta euro. Tapi, Fernandes bukan satu-satunya transfer besar dalam sejarah bursa transfer musim dingin.

Berikut BolaSkor.com merangkun dari berbagai sumber transfer-transfer besar yang pernah terjadi di musim dingin:

Baca Juga:

Tahan Kepergian Giroud, Chelsea Dipastikan Pasif di Bursa Transfer Musim Dingin

Tradisi Bagus Atletico Madrid dalam Mengangkat Karier Penyerang-penyerang

1. Philippe Coutinho - 168 Juta Euro

Philippe Coutinho

Philippe Coutinho merajuk dan meminta pindah ke Barcelona pada Januari 2018. Liverpool tak punya pilihan lain dan menjualnya dengan mahar 168 juta euro. Akan tapi karier Coutinho tak berjalan mulus di Barcelona dan kini ia tengah dipinjamkan ke Bayern Munchen.

2. Virgil van Dijk - 88 Juta Euro

Virgil van Dijk

Uang hasil penjualan Coutinho dibelanjakan dengan baik oleh Liverpool pada Januari 2018 dengan merekrut Virgil van Dijk dari Southampton sebesar 88 juta euro. Bek tengah asal Belanda terbukti jadi pembelian terbaik The Reds dan langsung menguatkan pertahanan tim serta jadi salah satu pemimpin di ruang ganti pemain.

3. Pierre-Emerick Aubameyang - 63,75 Juta Euro

Pierre-Emerick Aubameyang

Arsenal langsung merekrut Pierre-Emerick Aubameyang sebesar 63,75 juta euro kala ditinggal Alexis Sanchez pada Januari 2018. Striker asal Gabon langsung menjadi ujung tombak The Gunners bersama penyerang asal Prancis, Alexandre Lacazette.

4. Oscar - 71 Juta Euro

Oscar (kanan)

Keputusannya pindah dari Eropa ke Asia pada usia muda pada Januari 2017 mengejutkan publik. Chelsea menerima pinangan Shanghai SIPG sebesar 71 juta euro untuk menjual Oscar dan pemain asal Brasil masih bermain di sana pada usia 28 tahun.

5. Aymeric Laporte - 67 Juta Euro

Aymeric Laporte

Manchester City menebus klausul pembelian Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao sebesar 67 juta euro pada Januari 2018. Tak butuh waktu lama bagi pemain berusia 25 tahun memahami keinginan bermain Pep Guardiola. Laporte bek berkaki kidal yang dapat membangun serangan dari lini belakang.

6. Diego Costa - 67 Juta Euro

Diego Costa

Antonio Conte terang-terangan mengakui tak butuh servis Diego Costa pada musim 2017-18 dan Chelsea menjualnya pada Januari 2018 ke mantan klubnya, Atletico Madrid, dengan banderol 67 juta euro. Pemain berusia 31 tahun masih jadi andalan Diego Simeone di Atletico dan musim ini tidak beruntung karena cedera.

7. Fernando Torres - 59 Juta Euro

Fernando Torres

Legenda sepak bola Spanyol ini akan selalu ada dalam catatan sejarah sepak bola Inggris. Fernando Torres mengejutkan publik ketika pindah dari Liverpool ke Chelsea pada Januari 2011 sebesar 59 juta euro. Performa El Nino di Chelsea tak lebih baik dari penampilannya di Liverpool, tapi di sana Torres meraih titel Liga Champions dan Liga Europa.

8. Juan Mata - 43 Juta Euro

Juan Mata

David Moyes butuh kualitas tambahan di musim pertama membesut Manchester United dan merekrut Juan Mata dari Chelsea pada Januari 2014 sebesar 43 juta euro. Sampai saat ini gelandang serang asal Spanyol masih bermain untuk Setan Merah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.