80 Persen Minta Tunda Laga Kualifikasi Piala Dunia, AFC Bersuara

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 16 Februari 2021
80 Persen Minta Tunda Laga Kualifikasi Piala Dunia, AFC Bersuara
Timnas Indonesia Vs Thailand. (PSSI)

BolaSkor.com - Sebanyak 80 persen dari 40 asosiasi anggota dilaporkan meminta penundaan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 putaran kedua. Khususnya laga yang sebelumnya dijadwalkan pada Maret.

Setidaknya ada dua laga yang dijadwalkan AFC, masing-masing pada 25 dan 30 Maret. Sementara dua laga lain direncanakan 7 dan 15 Juni.

Laga Maret diminta untuk digeser ke Juni, sehingga akan mengubah sistem menjadi sentralisasi atau terpusat di satu negara. Dengan kata lain, tidak lagi menerapkan sistem kandang dan tandang, yang membuat setiap tim nasional negara harus keluar-masuk negara.

Baca Juga:

Kiprah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Menemui Kejelasan 16 Februari

Setahun Melatih, Shin Tae-yong Masih Soroti Fisik dan Mental Pemain Timnas

"Konfederasi (AFC) sedang bekerja dalam beberapa jam mendatang untuk memutuskan tanggal kualifikasi, setelah 80 persen federasi meminta menunda kualifikasi dari Maret hingga Juni mendatang karena pandemi dan pembatasan perjalanan di sebagian besar negara di benua Asia," tulis Albayan.

Waktu penyelenggaraan yang diusulkan di interval 31 Mei hingga 15 Jun 2021i. Sebelumnya, AFC sudah menetapkan bahwa kualifikasi putaran kedua harus selesai 15 Juni 2021.

"Beberapa negara telah menyatakan keinginan mereka untuk menjadi tuan rumah babak grup di kualifikasi, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Uzbekistan, dan Australia. AFC akan mengadakan pertemuan jarak jauh dengan federasi yang ingin menjadi tuan rumah, sekaligus meninjau persiapan mereka dan protokol pencegahan virus corona," sambung media tersebut.

Sementara itu, Sekjen AFC, Windsor Paul John menjelaskan bahwa pihaknya kemungkinan baru mengeluarkan keputusan pada Kamis (18/2) atau di luar perkiraan pada Selasa (16/2). AFC menunggu feedback dari asosiasi anggota hingga Senin (15/2).

"Apa yang bisa saya sampaikan sampai saat ini (Senin malam), kami terima beberapa surat dari negara-negara yang terlibat, tapi masih belum jelas. Sebagai contoh, ada negara yang mengatakan ingin menjalani satu laga, tetapi tidak ingin melakoni laga lain. Ini tidak bisa," kata Windsor Paul John dikutip dari Sinar Harian.

"Jadi besok (Selasa) atau Rabu, kami akan rapat untuk mendapat keputusan, mungkin keputusan sudah diambil pada Kamis," tambahnya.

Windsor Paul John juga menjelaskan bahwa Vietnam belum memutuskan apakah setuju laga Maret ditunda atau tetap. Sinar Harian menjelaskan bahwa peserta lain di Grup G yakni Malaysia, Thailand, dan Indonesia sudah sepakat bahwa laga kualifikasi pada Maret ditunda dan digelar terpusat di UEA.

Timnas Indonesia Thailand Vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2022 UEA Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan