878 Hari bersama Real Madrid, Zidane Pergi sebagai Legenda

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 01 Juni 2018
878 Hari bersama Real Madrid, Zidane Pergi sebagai Legenda
Zinedine Zidane (Zimbio)

BolaSkor.com - Real Madrid berpisah dengan Zinedine Zidane yang memutuskan mundur dari jabatan pelatih. Tak dimungkiri, ZIdane pergi meninggalkan Los Blancos sebagai seorang legenda.

Predikat itu tentu memiliki dasar yang kuat. Sembilan titel, termasuk tiga trofi Liga Champions secara beruntun, dalam 878 hari bertugas rasanya sudah cukup menjadi alasan Zidane dilabeli sebagai legenda Madrid.

Dengan sembilan gelar, Zidane hanya kalah dari Miguel Munoz sebagai pelatih dengan titel terbanyak sepanjang sejarah Madrid. Munoz yang menjadi pelatih Real Madrid dari April 1960 hingga Januari 1974, meraih 14 trofi (9 La Liga, 2 Copa del Rey, 2 Piala Champions, 1 Piala Interkontinental).

Zidane mundur setelah kurang dari sepekan sebelumnya membawa Real Madrid mengalahkan Liverpool di Kiev untuk menjadi kampiun Eropa untuk ketiga kalinya secara beruntun. Pencapaian ini melengkapi catatan sempurnanya, tak pernah tersingkir dari ajang Liga Champions, saat menukangi Madrid.

Zidane adalah pelatih juara, pelatih spesialis final. Pria Prancis ini memiliki rekor delapan kemenangan dalam delapan final. Di bawah asuhannya, Madrid mengalahkan Atletico Madrid, Juventus, dan Liverpool di final Liga Champions, membekap Kashima Antlers dan Gremio di Piala Dunia Antarklub, melibas Sevilla dan Manchester United pada Piala Super Eropa, dan menaklukkan Barcelona di Piala Super Spanyol.

Satu trofi lagi diraih Zidane saat membawa Madrid menjadi juara La Liga. Ini merupakan gelar pertama Madrid setelah lima tahun gagal menjadi juara La Liga. Satu-satunya trofi yang lolos dari genggaman Zidane adalah Copa del Rey.

Di bawah Zidane, Madrid mengukirkan beberapa catatan emas, termasuk selalu mencetak gol dalam 73 laga beruntun, 40 laga beruntun tanpa kekalahan, dan hanya menelan delapan kekalahan dalam 100 laga pertama bersama Zidane sebagai pelatih, ini merupakan rekor terbaik dalam sejarah klub.

Dengan catatan emas tersebut, plus prestasinya ketika sebagai pemain, pantas rasanya Zidane disebut sebagai salah satu legenda Madrid.

Real Madrid Zinedine Zidane
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan