9 Fakta Menarik Prancis ke Semifinal Usai Bungkam Inggris

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 11 Desember 2022
9 Fakta Menarik Prancis ke Semifinal Usai Bungkam Inggris
Proses gol Olivier Giroud ke gawang Inggris. (Twitter FIFA)

BolaSkor.com - Prancis berhasil melaju mulus ke semifinal Piala Dunia 2022. Sang juara bertahan berhasil mengalahkan Inggris 2-1, pada laga perempat final Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Prancis sudah unggul melalui sepakan keras Aurelien Tchouameni (17'). Inggris baru bisa menyamakan kedudukan melalui penalti Harry Kane pada menit ke-54.

Kemudian, Prancis kembali unggul melalui tandukan Olivier Giroud pada menit ke-68. Inggris sebetulnya berpeluang menyamakan kedudukan, sayang eksekusi penalti kedua Kane melambung di atas gawang Prancis pada akhir babak kedua.

Baca Juga:

Inggris 1-2 Prancis: Olivier Giroud Antar Les Bleus ke Semifinal

8 Fakta Menarik Maroko ke Semifinal Usai Tekuk Portugal

Maroko 1-0 Portugal: Lolos ke Semifinal, Singa Atlas Ukir Sejarah

Olivier Giroud
Selebrasi Olivier Giroud usai bobol gawang Inggris. (Twitter FIFA)

Dengan begitu, Prancis menantang kuda hitam Maroko yang berhasil melaju ke semifinal usai singkirkan Portugal. Laga ini akan berlangsung di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12) dini hari WIB.

Keberhasilan Prancis ke Babak semifinal melahirkan sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang disusun BolaSkor.com dari berbagai sumber:

1. Prancis jadi tim pertama sejak Brasil (1998) yang melaju ke semifinal Piala Dunia sebagai juara bertahan.

2 . Olivier Giroud (26 gol) makin nenjauh menjadi top skorer sepanjang masa Prancis.

3. Hugo Lloris (143 caps) mengalahkan Lilian Thuram sebagai pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah timnas Prancis.

4. Hugo Lloris (18 caps) juga mengalahkan Thierry Henry dan Fabien Barthez untuk penampilan Piala Dunia terbanyak bersama untuk Les Bleus.

5. Inggris 7 kali harus tersingkir di babak perempat final Piala Dunia. Terbanyak dari fase lainnya.

6. Tidak ada pemain yang mencetak penalti lebih banyak dalam sejarah Piala Dunia selain Harry Kane, dengan malam ini gol keempatnya dari titik penalti dalam kompetisi (tidak termasuk adu penalti).

7. Harry Kane telah mencetak golnya yang ke-53 untuk Inggris, menyamai Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak bersama untuk timnas Inggris.

8. Harry Kane malam ini menjadi kapten Inggris untuk ke-11 kalinya di putaran final Piala Dunia, sebuah rekor baru untuk tim.

9. Jude Bellingham adalah pemain termuda yang memulai perempat final Piala Dunia untuk Inggris (19 tahun, 164 hari) - pemain termuda sebelumnya adalah Wayne Rooney vs Portugal pada 2006 (20 tahun, 250 hari).

Prancis Timnas Prancis Inggris Timnas Inggris Piala dunia 2022 Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan