Piala Asia 2023

9 Pemain Abroad Timnas Indonesia Langsung Gabung di Turki

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 19 Desember 2023
9 Pemain Abroad Timnas Indonesia Langsung Gabung di Turki
Rafael Strucik, Ivar Jenner, dan Elkan Baggott saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, jelang lawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6). (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Sembilan pemain abroad Timnas Indonesia langsung bergabung di Turki untuk melakoni pemusatan latihan (TC), 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024.

Timnas Indonesia melakoni TC di Turki, sebagai persiapan Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari sampai 12 Februari 2024. TC dilakukan dari tanggal 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 30 pemain. Satu pemain tidak dibawa karena cedera, yakni Rachmat Irianto (Persib Bandung).

Baca Juga:

Skuad Timnas Indonesia TC Turki Diumumkan, 6 Pemain Akan Dicoret untuk Piala Asia 2023

Daftar 29 Pemain Timnas Indonesia TC Turki, Ada Justin Hubner

Timnas Indonesia
Shayne Pattynama, Jordi Amat, dan Elkan Baggott befoto usai melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6). (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

Hasilnya, hanya ada 29 pemain yang dibawa ke Turki. 11 di antaranya pemain abroad alias yang berkiprah di luar negeri. Mereka adalah Justin Hubner (Wolverhampton Wanderes), Jordi Amat (JDT), Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Saddil Ramdani (Sabah FC), Marselino Ferdinan ( KMSK Deinze), Ivar Jenner (Jong Utrecht), dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Shayne Pattynama dan Pratama Arhan dilihat dari klub terakhirnya masuk sebagai abroad, walaupun kedua pemain kontraknya berakhir. Nantinya, 9 dari 11 pemain langsung bergabung di Turki.

"Totalnya 20 pemain yang akan berangkat dari Jakarta, dan 9 pemain yang abroad akan langsung ke Turki. Jordi ada di sana. Kalau Jordi langsung, yang sembilan pemain abroad langsung ke sana, kecuali Arhan sama Asnawi," kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto kepada wartawan, Selasa (19/12).

"Ya, semua sama-sama besok. Kita besok pagi berangkat. Itu coach Shin (Tae-yong) yang bisa jawab (soal coret Rachmat Irianto dan tak ada penggantinya)," lanjutnya.

Rafael Struick
Aksi Rafael Struick berduel dengan pemain Argentina, saat Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6). (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

Timnas Indonesia baru menjalani sesi medical check up sebelum TC di Turki. Medical check up diikuti 20 pemain di salah satu rumah sakit bilangan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (19/12).

Di Turki, Asnawi Mangkualam Bahar dkk. dijadwalkan beruji coba melawan Libya di Antalya pada 2 dan 5 Januari 2024.

Satu uji coba terakhir dilakoni Timnas Indonesia saat berada di Qatar. Skuad Garuda melakukan uji coba melawan Iran di Qatar pada 9 Januari 2024.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Pasukan Shin Tae-yong menjalani laga perdana melawan Irak pada 15 Januari 2024.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Timnas Indonesia Piala Asia Piala Asia 2023 Nova arianto Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.105

Bagikan