BolaSkor.com - Dunia sepak bola dihebohkan dengan kabar Lionel Messi ingin pergi meninggalkan Barcelona. Pemain yang sepertinya akan menghabiskan karier di Barcelona, memilih pergi di pengujung kariernya.

Kepergian Lionel Messi tentu bukan tanpa alasan. Situasi internal klub di bawah Jose Maria Bartomeu sebagai presiden disebut-sebut menjadi biangnya. Apapun itu, rasanya sulit dipercaya seorang Messi pada akhirnya ingin hengkang.

Baca Juga:

Kompany Yakin Guardiola Sudah Telepon Lionel Messi Ajak Gabung Manchester City

5 Klub yang Punya Peluang Merekrut Lionel Messi

Heboh, Lionel Messi Ingin Putus Kontrak dengan Barcelona dan Pergi ke Manchester City

Jika melihat ke belakang, sejatinya apa yang diinginkan Messi tidaklah begitu mengejutkan. Pasalnya bukan pertama kali Barcelona berselisih dengan pemain bintang yang berbuntut perpisahan.

Berikut 9 pemain legenda yang secara mengejutkan hengkang dari Barcelona.


1. Diego Maradona

Meski berada di Barcelona tidak selama Lionel Messi, keberadaan Diego Maradona menghadirkan sebuah era baru di Barcelona. Dari 1982 hingga 1984 Barcelona mendapatkan sorotan dunia.

Setelah terjadi perselisihan dengan petinggi klub, Maradona akhirnya memilih pergi dan mendarat serta menjadi legenda di Napoli.


2. Bernd Schuster

Pemain tengah Jerman ini mampu menyihir publik Camp Nou lewat permainannya. Pemain berjuluk the Blonde Angel alias Malaikat Pirang ini mampu mencuri hati fans Barcelona.

Namun masalah datang di final Piala Champions 1986. Schuster yang seharusnya menjadi algojo pertama jika terjadi adu penalti ditarik keluar pelatih Terry Venables di menit 85. Schuster langsung meninggalkan stadion, kembali ke hotel, dan menyaksikan Barcelona dikalahkan Steaua Bucharest.

Buntut dari tindakan tersebut hubungan Schuster dengan klub memburuk. Pada akhirnya presiden Barcelona saat itu Josep Luis Nunez, memutus kontrak Schuster. Sang pemain kemudian bergabung dengan Real Madrid.


3. Michael Laudrup

Sejak awal Michael Laudrup tidak memiliki hubungan yang baik dengan Johan Cruyff, pelatih Barcelona saat itu. Hingga akhirnya Laudrup pergi dan berlabuh di Real Madrid.

Selama dua musim bersama Madrid Laudrup sukses menjadi juara LaLiga pada 1995.


4. Romario

Hingga saat ini Romario bisa disebut sebagai best finisher yang pernah dimiliki Barcelona. Tetapi seperti pemain berstatus bintang lain, Romario bermasalah dengan Johan Cruyff.

Setelah Piala Dunia 1994, Romario meminta waktu rekat lebih lama. Keinginan tersebut ditolak dan Romario tdak ikut dalam latihan pramusim Barcelona.

Di musim 1994-95 Romario hanya tampil 13 kali di LaLiga dan akhirnya keluar dari Barcelona pada pertengahan musim untuk bergabung dengan Flamengo.


5. Ronaldo

Pelatih Barcelona saat itu secara khusus meminta klub mendatangkan Ronaldo de Lima. Dan, Ronaldo membayarnya dengan mencetak 47 gol dari 49 penampilan di musim perdananya bersama Barcelona.

Namun Ronaldo merasa tidak diinginkan oleh klub. Kegelisahan Ronaldo dimanfaatkan Inter Milan yang memboyongnya dengan benderol 25 juta euro pada 1997. Nilai trasfer tertinggi di dunia saat itu.


6. Luis Figo

Fans Barcelona tidak bisa melupakan 'pengkhianatan' yang dilakukan Luis Figo ketika sang bintang hengkang ke Real Madrid.

Luis Figo menginginkan pembaruan pada kontraknya, namun Barcelona tidak meladeni kemauan sang bintang. Kisah selanjutnya, Figo hengkang ke Real Madrid setelah Barcelona menerima 61 juta euro dari Los Blancos.


7. Ronaldinho

Saat berada di Barcelona, Ronaldinho adalah bintang yang disukai kawan dan lawan. Bahkan dia mendapatkan standing ovation dari publik Santiago Bernabeu.

Namun kebiasaannya berpesta membuat Ronaldinho acap bermasalah dengan Pep Guardiola. Sang bintang pun dibekukan dan akhirnya dijual ke AC Milan senilai 25 juta euro pada 2008.


8. Zlatan Ibrahimovic

Penyerang asal Swedia ini tiba di Barcelona pada 2009 dengan banderol 78 juta euro. Namun selang semusim kemudian Barcelona melepas Zlatan ke Milan dengan harga hanya 25 juta euro.

Merenggangnya hubungan Ibra dengan Guardiola menjadi alasan utama. Namun di sisi lain kehadiran Lionel Messi juga mulai menggeser posisi Ibrahimovic saat itu.


9. Neymar

Neymar merupakan satu dari trisula paling maut yang dimiliki Barcelona. Bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, tiro MSN menjadi sumber utama gol-gol Barca.

Namun datang godaan dari Paris Saint-Germain. Neymar yang berada di bawah bayang-bayang Messi pun tergoda. Barcelona dikabarkan berulang kali mencoba menarik kembali Neymar, namun hingga kini selalu gagal.