BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, langsung dihadapkan dengan jadwal padat usai Piala AFF 2020. Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2022.

Piala AFF U-23 2022 digelar di Kamboja, 14-26 Februari tahun depan. Timnas Indonesia U-23 masuk ke dalam Grup B bersama dengan Malaysia, Myanmar, dan Laos. Adapun Grup A diisi tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Shin Tae-yong akan membawa pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ke Kamboja. Maklum saja, mayoritas pemain Timnas Indonesia dihuni pemain muda berumur 19-26 tahun.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Ingin Kompetisi Sepak Bola Indonesia Bebenah

Shin Tae-yong Dapat Perintah Khusus dari Presiden Jokowi, Apa Itu?

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu sulit membawa pemain Timnas Indonesia U-23 yang berkiprah di luar negeri, khususnya Eropa dan Korea Selatan, karena ini hanya ajang turnamen kelompok umur. Mereka adalah Egy (Maulana Vikri, FK Senica), Witan (Sulaeman, Lechia Gdanks), Elkan (Baggott, Ipswich Town), dan Asnawi (Mangkualam, Ansan Greeners FC).

Meski begitu, PSSI masih mengusahakan agar pemain-pemain tersebut berkiprah di Piala AFF U-23 2022. Namun, Shin Tae-yong tak khawatir, sebab masih banyak pemain Timnas Indonesia dari Piala AFF 2020 yang masih bisa bermain.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya yang disusun BolaSkor.com:

Kiper:

Muhammad Riyandi

Muhammad Riyandi
Muhammad Riyandi saat latihan. (PSSI)

Kiper Barito Putera ini masih berusia 19 tahun. Ia kerap dipasang Shin Tae-yong dalam dua laga uji coba sebelum Piala AFF 2020. Namun, ia tidak diturunkan sekalipun di Piala AFF 2020.

Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari Sutaryadi
Ernando Ari Sutaryadi. (PSSI)

Sama seperti Riyandi, kiper Persebaya Surabaya itu masih berusia 19 tahun. Ia sebetulnya menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Piala AFF 2020, namun cedera bahu yang diterimanya membuat posisinya digeser Nadeo Argawinata.

Saat itu, Ernando turun membela Timnas Indonesia melawan Laos (5-1). Namun saat ingin diturunkan melawan Vietnam (0-0), Ernando menderita cedera bahu saat pemanasan.

Namun, Ernando sebelum Piala AFF 2020 menjadi pilihan utama Shin Tae-yong saat melawan Australia dua kali di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Pemain Belakang:

Pratama Arhan

Pratama Arhan
Pratama Arhan saat melawan Malaysia. (PSSI)

Pratama Arhan jadi opsi terbaik Shin Tae-yong di Piala AFF U-23 2022. Pemain berumur 20 tahun itu sudah membuktikan kualitasnya kala di Piala AFF 2020.

Ia menciptakan dua gol dan dua assist. Ia pun turun dalam 6 pertandingan sebagai strater. Dua kali absen karena cedera dan akumulasi kartu.

Pemain PSIS Semarang itu juga baru saja dinobatkan menjadi pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Rizky Ridho

Rizky Ridho
Rizky Ridho saat melawan Vietnam. (AFF)

Rizky Ridho juga jadi opsi terbaik di sektor belakang saat Piala AFF U-23 2020. Ia menjadi andalan Shin Tae-yong saat Piala AFF 2020.

Pemain berumur 20 tahun itu turun sebagai starter dalam 5 laga Timnas Indonesia. Bahkan, pemain asal Persebaya Surabaya itu penampilannya mendapat banyak pujian ketika Timnas Indonesia imbang lawan Vietnam 0-0.

Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga
Alfeandra Dewangga saat melawan Vietnam. (PSSI)

Pemain berumur 20 tahun ini selalu menjadi pilihan Shin Tae-yong dalam 8 laga di Piala AFF 2020. Ia turun sebagai starter setiap laga Skuat Garuda, bersama Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, dan Witan Sulaeman.

Selain menjadi bek tengah dan kiri, pemain PSIS Semarang ini pandai menjadi pivot. Seorang gelandang bertahan modern yang mampu memegang bola menjadi playmaker.

Pemain Tengah:

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto
Rachmat Irianto saat melawan Malaysia. (PSSI)

Rachmat Irianto selalu menjadi starter saat Piala AFF 2020. Pemain berumur 22 tahun itu berperan penting sebagai jangkar. Dua gol diciptakannya di Piala AFF 2020.

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu
Syahrian Abimanyu. (PSSI)

Pemain berumur 22 tahun ini hanya menjadi pengganti di beberapa pertandingan Piala AFF 2020. Namun, ia diharapkan bisa menjadi playmaker di Piala AFF U-23 2022.

Sebetulnya, Abi berkiprah di luar negeri dengan membela Johor Darul Ta'zim (JDT) di Liga Super Malaysia, namun kemungkinan dirinya bisa main di Piala AFF U-23 2022. Kelonggaran kompetisi di Asia Tenggara menjadi alasannya.

Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek
Ramai Rumakiek. (PSSI)

Ramai Rumakiek bisa menjadi senjata Shin Tae-yong di Piala AFF U-23 2022. Pemain sayap berumur 19 tahun tersebut juga menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Rumakiek menciptakan satu gol di Piala AFF 2020.

Pemain Depan:

Hanis Saghara

Hanis Saghara
Hanis Saghara. (PSSI)

Hanis Saghara bisa menjadi striker utama Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2022. Meski belum menunjukkan tajinya, penyerang berumur 22 tahun itu kerap menjadi pemain pengganti di Piala AFF 2020.

Sebelum Piala AFF 2020, Hanis Saghara menjadi pilihan utama Shin Tae-yong saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23. Ia pun mencetak dua gol kala Timnas Indonesia U-23 melawan Nepal dua Kali dalam dua laga uji coba di Tajikistan.