BolaSport.comTimnas Indonesia U-18 saat ini sedang melakukan seleksi kepada 43 pemain terpilih dari Liga 1 U-19. Pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini mengaku ini masih tahap pertama dan masih banyak tahap lagi yang akan ia lakukan.

Pelatih berusia 55 tahun ini menambahkan kalau ia hanya melakukan seleksi untuk pemain Liga 1 U-19 saja tidak adil. Jadi ia akan melakukan seleksi secara keseluruhan untuk para pemain yang ada di Indonesia.

Sebab, Fakhri Husaini tahu, masih banyak pemain-pemain yang memiliki pontensi untuk bisa masuk ke Timnas Indonesia U-18. Tidak hanya itu saja, Liga 1 U-19 tidak digelar di seluruh wilayah Indonesia dan ini yang menjadi pertimbangannya juga.

Baca Juga:

Fakhri Husaini Ungkap Perbedaan Melatih Timnas Indonesia U-18 dengan Timnas U-16

Fakhri Husaini Sudah Memiliki Kriteria Pemain untuk Timnas Indonesia U-18

“Kalau misal saya hanya mengakomodir Liga 1 U-19 saja tentu tidak fair, karena kompetisi ini tidak berada di seluruh provinsi indonesia. Ada 34 provinsi saya yakin di usia 18 tahun ada pemain lain di luar klub Liga 1 U-19 yang potensial juga. Saya berharap ada seleksi juga untuk pemain diluar talent scouting (Liga 1) ini,” kata Fakhri.

Selain itu, Fakhri merasa dirinya harus tegas dalam memilih pemain-pemain yang akan masuk skuatnya. Ini karena, masih banyak orang-orang nakal yang mencoba memanfaatkan namanya untuk bisa memasukan pemain dengan iming-iming uang.

“Tentu saya harus tegas juga bahwa pelatih-pelatih yang akan merekomendasikan pemain-pemain terbaiknya itu betul-betul bisa dipertanggungjawabkan, bukan rekomendasi karena dia anak buah saya karena ini tim nasional,”

“Saya sampaikan juga, biasanya ada orang-orang yang memanfaatkan situasi ini untuk mencari keuntungan pribadi seperti mengiming-imingi atau memberikan harapan kepada orang tua bahwa anaknya bisa ikut seleksi apabila membayar ini yang harus dihindari,” tutup Fakhri.