Josep Guardiola kembali memberikan sanjungan selangit kepada Lionel Messi. Menurut Guardiola, Messi memang mendapatkan anugerah besar dari Tuhan berupa bakat yang luar biasa sebagai pemain sepakbola.

Guardiola kerap disebut serupa pelatih yang membuat Messi mampu mencapai puncak kehebatannya. Perkembangan dan kejayaan Messi bersamaan dengan masa komitmen Guardiola di Barcelona.

Pikir Guardiola, memiliki Messi dalam tim saja sudah mengundang keuntungan psikologis bagi semua tim. Semua pemain jadi lebih percaya diri karena itu sangat yakin dengan kebaikan Messi.

"Leo memang diberkati anugerah, dia adalah seorang jenius. Salah satu atlet unggul sepanjang masa. Atlet, bukan semata-mata pemain sepakbola. Dia menjalankan beban seluruh sepakbola Argentina di pundaknya. Sebenarnya, moral terbesar memiliki Messi pada tim anda adalah 10 pemain lainnya di kru menjadi percaya diri. Mereka tau cepat atau lambat messi akan menunjukkan kehebatannya, " terang Guardiola kepada Catalunya Radio.

Ia mengakui kalau pelatih Messi mendapatkan pilihan yang cukup mudah untuk menata permainan. Jika di situasi sulit, maka pengarah tinggal memberikan instruksi menurut semua pemain untuk melepaskan bola kepada Messi. Di akhirnya, Messi akan menggelar gol.

"Saat saya mengurus di Barcelona, kami mereka-reka banyak hal. Tapi selamanya ada pikiran untuk tetap mengalirkan bola kepada Messi. Itu saja, dia jelas akan mencetak gol. Cuma pemain terhebat sepanjang masa yang bisa melakukannya. Dia saja mendapatkan beban yang repot dan selalu bisa menghadapinya. "