Abdul Haris Masih Pertanyakan Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 08 Oktober 2022
Abdul Haris Masih Pertanyakan Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan
Suporter Arema FC merangsek ke dalam lapangan usai pertandingan kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10). (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

BolaSkor.com - Abdul Haris masih mempertanyakan terkait keputusan pihak kepolisian yang melontarkan gas air mata saat terjadi insiden kerusuhan setelah Derbi Jatim antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/22).

Dalam sesi jumpa pers di Kantor Arema FC Jumat (7/10), Abdul Haris memang sudah mengakui kesalahan dan menerima segala konsekuensinya. Namun, ia masih menyesalkan dan mempertanyakan segala hal menyangkut pelepasan gas air mata ke arah tribun stadion.

Momen itu yang kemudian memicu kepanikan dan desakan di antara suporter saat berebut keluar stadion. Akibat gas air mata itu dinilai sangat fatal, terlihat dari kondisi para korban yang meninggal dunia.

Baca Juga:

Presiden Jokowi: Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenai Sanksi oleh FIFA

Liga 1 Dihentikan Sementara, Persebaya Libur Tiga Hari

Sampai data pada Rabu (4/10), jumlah korban yang meninggal dunia tercatat 131 orang. Sedangkan ratusan korban lain sedang dirawat di sejumlah rumah sakit akibat luka-luka.

"Saya melihat korban, mukanya biru-biru semua. Saya minta saudara-saudara ini diautopsi. Apakah meninggal dunia karena berhimpitan atau gas air mata," tutur Abdul Haris kepada awak pers di Malang.

Ia lantas membandingkan gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan ketika kerusuhan serupa pada 2018. Yaitu ketika suporter menyerbu lapangan imbas hasil imbang 2-2 saat menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (15/4) silam.

"Gas air mata yang saya rasakan berbeda ketika 2018 lalu. Saya mohon atas kemanusiaan, saya tidak menunjuk (kesalahan kepada pihak) siapapun. Saya minta gas air mata yang digunakan itu diperiksa seperti apa," tegas Abdul Haris. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan