BolaSkor.com - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen sepertinya sangat semringah mendengar kabar ini. Bagaimana tidak, ia akhirnya punya home race di Formula 1 (F1).

Adalah fakta Sirkuit Zandvoort, Belanda, dijadwalkan kembali masuk kalender F1 terhitung mulai musim 2020. Event balap jet darat memang sudah lama absen dari Belanda, tepatnya sudah 35 tahun atau kali terakhir berlangsung di Zandvoort pada musim 1985.

Baca Juga:

Menang Lomba F1 GP Spanyol, Lewis Hamilton Terinspirasi Anak Penderita Kanker

Gawat, Ferrari Akui Kesalahan pada Konsep Mobil 2019

Menurut keterangan dari pihak F1, FP GP Belanda terikat kontrak berdurasi tiga tahun atau sampai 2022. Sirkuit Zandvoort, yang berstatus trek tradisional juga akan mengalami perbaikan infrastruktur untuk memenuhi standar yang ditetapkan FIA (Federasi Automobil Internasional) untuk menggelar F1.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa F1 akan kembali balapan di Belanda, di Sirkuit Zandvoort," CEO F1 Chase Carey mengungkapkan.

"Sejak awal petualangan kami di F1, kami mengatakan ingin beberapa venue baru dengan tetap menghormati sirkuit bersejarah di Eropa. Musim depan akan ada balapan di Hanoi, Vietnam serta kembali ke Zandvoort, setelah absen 35 tahun, sebuah lintasan yang berkontribusi mempopulerkan olahraga ini di seluruh dunia," Chase Carey menambahkan.

Chase Carey mengungkapkan tingginya antusiasme publik Belanda, khususnya dukungan untuk Max Verstappen yang selalu penuh dengan warna orange di setiap balapan menjadi alasan F1 berminat kembali ke negara tetangga Belgia ini.

Adapun kali terakhir, Sirkuit Zandvoort menggelar F1 tahun 1985, trek ini jadi saksi persaingan ketat antara Niki Lauda dan Alain Prost. Kala itu, Lauda finis pertama dengan selisih hanya 0,232 detik dari Prost.* (MA01-ARINA)

Baca Berita Selengkapnya soal F1 Lainnya di KabarOto.com