BolaSkor.com - Peristiwa mengejutkan terjadi dalam pertandingan bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya sektor ganda putra ranking satu dunia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya mengalami kekalahan melawan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh W Yik.

Pada laga perempat final tersebut, The Minion ditumbangkan dengan skor 21-14 dan 17-21. Menariknya kekalahan yang diterima Marcus/Kevin pada Kamis (29/7) ternyata ada sangkut pautnya dengan sosok mantan pebulu tangkis Indonesia.

Siapa lagi kalau bukan Flandy Limpele. Mantan atlet bulu tangkis Indonesia ini kini bersatus sebagai pelatih ganda putra tim nasional Malaysia. Melalui pengalaman dan kehebatannya, Flandy memberikan kejutan dengan mengalahkan unggulan pertama di sektor ganda putra, Marcus/Kevin.

“Ini merupakan draw yang sulit, tetapi saya membantu dan membimbing mereka untuk bertarung. Terpenting bagi Aaron dan Wooi Yik adalah mengatasi rasa tegang dan bisa bermain dengan penuh percaya diri,” jelas Flandy dikutip dari thestar.com.

Baca Juga:

Klasemen Olimpiade Tokyo 2020: Indonesia Tambah Satu Medali dari Angkat Besi

Olimpiade Tokyo 2020: Anthony Belum Terhenti

Flandy bukanlah atlet sembarangan dalam dunia bulu tangkis Indonesia. Tercatat selama masih berkarier sebagai atlet, Flady pernah menempati ranking satu dunia di dua sektor yang berbeda, yakni ganda campuran dan ganda putra.

Pria kelahiran Manado 1974 ini juga pernah mencatatkan prestasi yang cukup gemilang. Pada Olimpiade 2004, Flandy mampu meraih medali perunggu di sektor ganda putra.

Selain itu, Flandy juga mampu meraih keberhasilan di sektor ganda campuran pada ajang superseries (Perancis Terbuka 2007, Singapura Terbuka 2007, dan Korea Terbuka 2008). Bersama dengan pasangannya, Vita Marissa, Flandy mampu mengoleksi satu medali perak dan dua emas.

Tidak hanya itu saja, Flandy/Vita juga berhasil mencatatkan prestasi pada pertandingan lainnya di 2006. Saat itu Flandy/Vita mampu meraih medali emas pada Jepang Terbuka dan medali perak di Belanda Terbuka.

Pada ajang China Taipei Terbuka 2007 dan India Terbuka 2009, Flandy/Vita juga mampu membuktikan kemampuannya dengan keberhasilan mereka meraih medali emas.

Penulis: Bintang Rahmat