Ada Intervensi Pihak Ketiga, FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 16 Agustus 2022
Ada Intervensi Pihak Ketiga, FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India
Ilustrasi FIFA. (fifa.com)

BolaSkor.com - FIFA memutusakan untuk membekukan Federasi Sepak Bola India (AIFF). Intervensi pihak ketiga menjadi sebab.

Hal ini bagi FIFA merupakan pelanggaran serius terhadap statuta FIFA, seperti yang dijelaskan Selasa (16/8).

Pembekuan ini menyebabkan Piala Dunia Wanita U-17 202, yang diadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober, tidak dapat diselenggarakan sesuai rencana.

"FIFA sedang menilai langkah selanjutnya sehubungan dengan turnamen dan akan merujuk masalah tersebut ke Biro Dewan jika dan bila diperlukan. FIFA terus menjalin kontak konstruktif dengan Kementerian Urusan Pemuda dan Olahraga di India dan berharap hasil positif dari kasus ini masih dapat dicapai," tulis di laman FIFA.

Baca Juga:

Lawan Timnas Indonesia U-20 Persiapan di Osaka dan Akan Jajal Jepang

PT LIB Puji Suporter Persebaya dan Madura United


Pengadilan Tertinggi di India dilaporkan membubarkan AIFF pada bulan Mei. Kemudian menunjuk tiga anggota komite untuk mengatur, mengubah konstitusi AIFF dan melakukan pemilihan yang telah tertunda selama 18 bulan.

FIFA merespons. Bersama Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengirim tim yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal AFC Windsor John untuk bertemu dengan para pemangku kepentingan sepak bola India. Selain itu menetapkan roadmap bagi AIFF untuk mengubah statuta pada akhir Juli dan menyimpulkan pemilihan selambat-lambatnya pada 15 September.

Pengadilan India memerintahkan pemilihan diadakan segera pada awal bulan ini. Komite terpilih akan menjadi badan sementara untuk jangka waktu tiga bulan.

"Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF," sambung pernyataan FIFA.

Fifa India
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan