Ada Opsi Liga 1 2021 Bisa Digelar di Luar Pulau Jawa

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 11 Februari 2021
Ada Opsi Liga 1 2021 Bisa Digelar di Luar Pulau Jawa
Persija Jakarta. (Media Persija)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan ada opsi Liga 1 2021 digelar di Pulau Jawa. Ini tergantung dengan status daerah dalam penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali. Rapat tersebut juga dihadiri perwakilan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Satgas COVID-19, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Rapat tersebut membahas kompetisi berjalan di tengah pandemi COVID-19, dengan pemaparan protokol kesehatan yang diterapkan nantinya. Rapat itu belum menemui hasil konkret, karena Polri mengkaji lebih dahulu pemaparan yang dilakukan PSSI dan PT LIB tersebut. Setelah itu, baru diputuskan dapat memberi izin kompetisi atau tidak.

Dalam pemaparan tersebut, Liga 1 2021 akan digelar pada 11 Juni 2021 sampai 11 Maret 2022. Kompetisi kasta tertinggi itu akan menggunakan format penuh dengan sistem kandang-tandang.

Tentunya regulasi promosi dan degradasi tetap ada. Lalu Liga 1 2021 juga digelar tanpa penonton dan nonton bareng.

Baca Juga:

Rencana LIB, Liga 1 Mulai 11 Juni dengan Format Kompetisi Penuh

PSSI Paparkan Prokes, Liga, dan Turnamen, Menpora: Belum Ada Keputusan

Meski begitu, tim yang memiliki rivalitas tinggi dan basis suporter banyak, seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Arema FC akan memainkan laga kandang di tempat netral.

Namun, semua rencana ini bisa berubah jika Polri memberikan izin kompetisi hanya bisa digelar di zona hijau COVID-19. Zona hijau COVID-19 sejauh ini ada di luar Pulau Jawa.

"Masukan-masukan, soal pilihan-pilihan daerah yang ada venue-nya bisa direkomendasikan (untuk di daerah zona hijau)," kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Sudjarno.

"Nanti, PT LIB menyampaikan jadwal tempatnya di mana. Ini nanti terkait dengan infomasi Baintelkam, bagaimana perkembangan situasinya. Kami akan menyesuaikan itu. Bisa kemungkinan, kompetisi dilaksanakan di luar Pulau Jawa," tambahnya.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.976

Bagikan