BolaSkor.com - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memegang peran penting di balik kebangkitan Jesse Lingard. Hal itu diakui langsung oleh sang pemain.

Karier Lingard memang seperti akan tenggelam setelah kehilangan tempat utama di skuat Manchester United asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Ia kalah bersaing dengan gelandang berkualitas lain seperti Bruno Fernandes, Paul Pogba, hingga Donny van de Beek.

Kondisi sulit itu membuat Lingard berada dalam dilema. ia ragu antara terus berjuang memperebutkan tempatnya di skuat Manchester United atau pindah ke klub lain.

Baca Juga:

Kembali Dipanggil Timnas Inggris, Jesse Lingard Hanya Beruntung

4 Pemain Muda Man United yang Pernah Disekolahkan ke Leicester

Lingard Bisa Jadi 'Senjata' MU untuk Rekrut Gelandang West Ham

Gareth Southgate dan Jesse Lingard

Di momen inilah Southgate memainkan perannya. Ia memberi saran kepada Lingard untuk pergi dari Manchester United meski dengan status pinjaman.

Tak sampai di situ, Southgate juga meminta Lingard untuk tak hijrah ke luar negeri. Saran tersebut akhirnya diikuti oleh pemain asli didikan akademi Setan Merah.

Lingard akhirnya memilih menerima pinangan West Ham asuhan David Moyes. Keputusan itu nyatanya sangat tepat.

“Southgate menunjukkan banyak dukungan dan kepercayaan kepada saya. Dia memberi saya debut di timnas Inggris yang saya banggakan,” kata Lingard kepada talkSPORT.

“Saya tetap berhubungan dengannya meskipun saya tidak bermain, hanya untuk mendapatkan nasihatnya tentang apa yang harus saya lakukan."

"Dia berkata kepada saya untuk tetap di Premier League. Setelah itu, itu tentang menemukan tim yang tepat dan West Ham pilihan sempurna," tambahnya.

Lingard memang tampil impresif bersama West Ham. Dari tujuh laga perdana di Premier League, ia mampu mencetak lima gol dan dua assist.

Hadiah dari Southgate

Kebangkitan Lingard bersama West Ham nyatanya tak luput dati pemantauan Southgate. Ia kemudian memberikan hadiah tambahan yaitu panggilan kembali ke timnas untuk melakoni tiga laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ini merupakan pemanggilan perdana Lingard ke timnas sejak Juni 2019. Ia memang sempat menjadi salah satu andalan Southgate di Piala Dunia 2018.

Inggris akan berhadapan dengan San Marino, Albania, dan Polandia secara berturut-turut. Momen ini harus dimanfaatkan Lingard untuk mengamankan tempatnya di Piala Eropa 2020, Juni mendatang.

“saya masih percaya pada diri saya sendiri untuk bermain di level tertinggi. Jika Anda bekerja keras, Anda akan mendapatkan imbalannya pada akhirnya," pungkasnya.