Ada Peran Tersembunyi Pep Guardiola dalam Permainan Timnas Inggris Saat Ini

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 Maret 2018
Ada Peran Tersembunyi Pep Guardiola dalam Permainan Timnas Inggris Saat Ini
Pep Guardiola memiliki andil di balik penampilan Timnas Inggris saat ini (Getty Images)

BolaSkor.com - Dalam 450 menit terakhir Timnas Inggris bermain, mereka hanya kebobolan tiga gol. Dalam beberapa laga terakhirnya juga, jika Anda perhatikan dengan seksama, ada perubahan signifikan dalam permainan The Three Lions yang saat ini diasuh Gareth Southgate.

Inggris lebih suka membangun serangan dari lini belakang dan melancarkan serangan dari berbagai arah, bukan cuma dari kedua sisi sayap laiknya Inggris klasik: serangan dari sisi sayap dan umpan silang, dibarengi dengan sistem bermain kick and rush. Sekilas, Inggris meng-copy gaya bermain Manchester City asuhan Pep Guardiola.

Man City saat ini merupakan salah satu tim terbaik Eropa melalui gaya bermain mereka, yang memeragakan permainan ofensif, menghibur, dan mengandalkan high pressing di momen yang tepat. The Citizens berpotensi meraih treble, setelah menjuarai Piala Liga, dan memiliki asa meraih trofi Premier League dan Liga Champions. Mereka juga baru sekali menelan kekalahan di Premier League.

Southgate pun mengakui bahwa ia coba mengaplikasikan gaya bermain Man City dalam skuatnya saat ini. Pelatih berusia 47 tahun itu bahkan telah berbicara empat mata dengan Guardiola, untuk saling bertukar pikiran, mengenai ide bermain dan pandangan terhadap sepak bola.

"Anda bisa berkata untuk lima-enam pelatih top - Anda bodoh jika tidak menganalisa cara tim mereka bermain. Saya menghabiskan waktu singkat dengannya (Guardiola). Saya harus berkata seluruh pelatih dari seluruh klub benar-benar terbuka. Mereka suka membicarakan pemain dan juga taktik," papar Southgate, sebagaimana dinukil Mirror, Selasa (27/3).

"Inilah salah satu sorotan utama dari peran (pelatih Timnas Inggris), Anda bukanlah ancaman untuk pelatih manapun, jadi Anda bisa mengambil ide pikiran mereka dan mereka mungkin akan membaginya secara terbuka - lebih terbuka ketimbang antar-manajer di Inggris."

Ada tiga pemain Man City dalam skuat Inggris saat ini, yaitu Kyle Walker, Raheem Sterling, dan John Stones. Ketiganya diharapan Southgate dapat menjadi tulang punggung Inggris, perwakilan bagi permainan Man City. Kendati demikian, permainan Inggris saat ini belum bisa 100 persen menyerupai Man City.

Tidak banyak waktu yang dapat dihabiskan Southgate kepada para pemainnya di sesi latihan, hingga ia sulit menjabarkan secara mendetail keinginan bermainnya kepada tim. Salah satu kesulitan yang dialami Inggris saat ini adalah efektivitas mencetak gol.

"Hal tersulit adalah mencetak gol dan memainkan pergerakan yang dinamis di lini depan. Kami mulai menempatkan banyak pemain di lini depan: empat-enam pemain di sekitar area penalti (lawan). Kemudian, kami harus sedikit sabar di area tersebut, menanti momen tepat untuk mengoper bola, ketimbang terburu-buru mengopernya atau melepaskan umpan silang yang dapat diantisipasi dengan mudah," pungkas Southgate.

Timnas Inggris Gareth southgate Pep Guardiola Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan