Ada Potensi Piala AFF 2020 Berubah Format dan Vietnam Menjadi Tuan Rumah

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 06 Juni 2020
Ada Potensi Piala AFF 2020 Berubah Format dan Vietnam Menjadi Tuan Rumah
Timnas Vietnam menjadi juara Piala AFF 2018. (affsuzukicup.com)

BolaSkor.com - Penyelenggaran Piala AFF 2020 belakangan menjadi perhatian, menyusul belum berakhirnya pandemi virus corona di sejumlah negara Asia Tenggara. Seperti dilaporkan bahwa perwakilan AFF menyatakan kemungkinan perubahan format Piala AFF 2020.

Sejak Piala AFF 2018, kompetisi menerapkan format kandang dan tandang. Setiap tim merasakan dua kali tandang dan dua kandang di fase grup. Kandang-tandang terus dimainkan di fase gugur, atau semifinal dan final.

Format ini meninggalkan kebiasaan menggulirkan turnamen di dua negara, pada fase grup. Format terpusat di satu negara kemungkinan dipakai lagi di tengah kesulitan atau kekhawatiran negara peserta lantaran pandemi virus corona.

Baca Juga:

Piala AFF 2020 Digelar Sesuai Jadwal

Bek Asal Kongo Marcel Kalonda Makin Berpotensi Bela Timnas Malaysia

Vietnam menjadi negara yang kemungkinan menjadi tuan rumah, menyusul berakhirnya penyebaran virus corona.

Sang Sekjen Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Le Hoai Anh, merespons kemungkinan tersebut. "Kami belum menerima pemberitahuan resmi dari AFF, karena mungkin tawaran itu terkait pandemi di Asia Tenggara yang belum bisa dikendalikan secara penuh."

"Dari sekarang sampai awal kompetisi masih cukup lama. Pada saatnya kami berharap pandemi tidak lagi membahayakan sehingga turnamen tetap normal," sambungnya dikutip dari Tienphong.

Namun ia tak menolak kemungkinan Vietnam menjadi tuan rumah apabila format diubah. "Mengingat situasi saat ini, Vietnam bisa mengendalikan pandemi COVID-19 yang dihargai masyarakat internasional. Sepak bola Vietnam juga sudah kembali dan jadi bukti terbaik bahwa kami melakukan dengan baik pencegahan pandemi," jelasnya.

Adapun soal pelaksanaan, perwakilan AFF menjelaskan sesuai jadwal, yakni 23 November sampai 31 Desember.

Piala aff Vietnam Timnas Indonesia Thailand Malaysia Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan