Ada Usul Liga 1 2021 Mulai Maret, Pelatih Persib Keberatan

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 18 Januari 2021
Ada Usul Liga 1 2021 Mulai Maret, Pelatih Persib Keberatan
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Media Persib)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menyatakan keberatannya dengan usulan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Pasalnya operator kompetisi itu berencana untuk menggulirkan Liga 1 2021 pada Maret mendatang.

Menurut Robert Rene Alberts, kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu terlalu cepat jika digelar mulai Maret. Sebab seluruh tim memerlukan waktu yang cukup panjang untuk melakukan persiapan.

Maklum, sudah cukup banyak tim termasuk Persib yang meliburkan skuatnya. Bahkan sebagian besar tim peserta sudah kehilangan beberapa pemainnya, terutama pemain asing karena ketidakjelasan Liga 1.

Baca Juga:

Pelatih Persib Minta Piala Indonesia Turut Dipikirkan Selain Liga 1

Tanpa Degradasi, Bhayangkara Solo FC Ingin Liga 1 2021 Digelar Juni

"Jika setiap klub belum mulai berlatih dan banyak klub masih mencari pemain asing baru, kami berbicara soal kualitas Liga dan antusiasme untuk suporter dan standar dari sepak bola Indonesia dalam platform yang lebih besar," ucap Robert Rene Alberts saat dihubungi, Senin (18/1).

Pelatih asal Belanda ini berkeinginan Indonesia memiliki Liga 1 terbaik dan dipandang banyak negara. Seperti yang terjadi pada musim 2017 silam.

"Jangan lupa banyak orang yang membicarakan sepak bola Indonesia ketika dimulai lagi (musim 2017) dan Persib Bandung mendatangkan pemain besar seperti Michael Essien, itu menarik perhatian dunia untuk melihat sepak bola di Indonesia," katanya.

"Jadi saya pikir bulan Maret terlalu cepat, karena klub belum berlatih, belum melakukan persiapan, pemain tidak bermain selama satu tahun," tambahnya.

Pelatih berusia 65 tahun ini menilai butuh waktu yang cukup panjang untuk bisa mempersiapkan tim dengan baik. Sebab sudah sejak pertengahan Maret 2020, para pemain tidak melangsungkan pertandingan.

"Jika di musim yang normal, dalam kondisi yang normal, pemain berlibur selama 6-8 pekan dan setelah itu latihan pramusim juga berjalan 6-8 pekan. Itu karena kondisi tidak terlalu menurun," jelas Robert Rene Alberts.

"Tapi sekarang kami tidak bermain selama satu tahun. Dan jangan lupakan juga sulitnya berlatih di Indonesia dengan situasi seperti saat ini karena COVID. Tidak mudah menggelar uji coba atau latih tanding. Jadi jika ada masukan Liga bergulir Maret, saya rasa itu terlalu cepat," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Robert Rene Alberts Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan