BolaSkor.com - Duel sultan layak dilabeli pada pertemuan Paris Saint-Germain melawan Manchester City di semifinal Liga Champions 2020-2021. Kedua klub itu dikenal gemar membeli pemain dengan harga selangit.

Sumber keuangan Paris Saint-Germain dan Manchester City berasal dari Timur Tengah. Dengan jumlah uang berlimpah yang dimiliki sang pemilik, PSG dan Man City memiliki pergerakan lebih masif di bursa transfer.

Sheikh Mansour merupakan sosok di balik posisi Manchester City sebagai tim kaya raya. Sang pengusaha membeli Man City pada 2008. Ia ingin membuat Man City menjadi tim yang tak hanya kuat di Inggris, tetapi juga internasional.

Baca juga:

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Olimpico dan Kota Abadi

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Olimpik di Kota Angin Baku

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Parken, Gelanggang Terbesar di Denmark

Tiga tahun berselang, Nasser Al-Khelaifi mengakuisisi Paris Saint-Germain. Sejak saat ini, PSG menjadi kekuatan baru di sepak bola Eropa.

Dengan latar belakang yang sama yakni dikuasai pemilik kaya raya, menarik membandingkan pemain-pemain mahal antara Manchester City dan PSG. Berikut ini adalah ulasannya dengan lima pemain termahal untuk masing-masing tim.

Paris Saint-Germain

Mauro Icardi (50 juta euro)

Mauro Icardi

Paris Saint-Germain menjadi pihak yang mendapatkan keuntungan dari kisruh yang terjadi antara Mauro Icardi dengan Inter Milan. PSG memermanenkan sang striker setelah sebelumnya melakukan peminjaman selama satu musim.

Kedatangan Icardi membuat peran Edinson Cavani menipis. Tak heran, Cavani tidak mendapatkan perpanjangan kontrak. Namun, saat ini masa depan Icardi juga mulai diragukan.

Angel Di Maria (63 juta euro)

Meski Angel Di Maria tidak terlalu bersinar di Manchester United, tetapi Paris Saint-Germain tetap mau mengucurkan 63 juta euro untuk merekrutnya. Sejak musim 2015-2016, Di Maria menjadi bagian penting dari berbagai pelatih yang menangani Les Parisiens.

Angel Di Maria memerankan posisi pemain sayap dengan baik. Mantan penggawa Real Madrid itu sering memanjakan para penyerang PSG. Saat ini, kontrak Di Maria masih berlaku hingga 2022.

Edinson Cavani (64,5 juta euro)

Pada awal pembentukan tim, PSG mencari penyerang tajam untuk dapat bertaji di level domestik dan internasional. Pilihan jatuh kepada Edinson Cavani yang tampil trengginas di lini depan Napoli.

Apa yang ditorehkan berikutnya oleh Cavani adalah legenda. Ia menjadi pemain dengan gol terbanyak untuk PSG setelah mencetak 200 gol dalam 301 pertandingan. Kini, Cavani melanjutkan karier di Manchester United.

Kylian Mbappe (145 juta euro)

Kylian Mbappe

Banyak yang kaget ketika PSG mau mengeluarkan 145 juta euro untuk menggaet pemain muda, Kylian Mbappe, dari AS Monaco. Namun, keputusan tersebut rupanya terbukti tepat.

Mbappe menjadi tulang punggung PSG dalam tahun-tahun berikutnya. Saat ini, PSG sedang berupaya memperpanjang kontrak sang striker yang akan usai pada musim depan. Kabarnya, Mbappe kurang yakin bertahan karena ingin menuju Real Madrid.

Neymar (222 juta euro)

Posisi puncak tentunya dimiliki Neymar. PSG memecahkan rekor pemain termahal dunia setelah menebus klausul pelepasan Neymar di Barcelona senilai 222 juta euro.

Apa yang diberikan Neymar membuat PSG puas. Meskipun kerap diisukan ingin kembali ke Barcelona, tetapi Neymar sangat dekat memperpanjang kontrak bersama PSG.

Manchester City

Aymeric Laporte (65 juta euro)

Manchester City membutuhkan penerus Vincent Kompany pada posisi jantung pertahanan. Setelah melihat sekitar, pilihan jatuh kepada Aymeric Laporte yang bermain untuk Athletic Bilbao.

Sejauh ini, bek 26 tahun tersebut telah tampil dalam 108 laga dengan torehan tujuh gol plus tiga assist. Laporte juga telah meraih seluruh titel domestik bersama The Citizens.

Joao Cancelo (65 juta euro)

Joao Cancelo

Jumlah yang dikeluarkan Manchester City untuk membawa Laporte dan Joao Cancelo sama. Keduanya masing-masing memiliki banderol 65 juta euro.

Untuk bisa merasakan servis Cancelo, Manchester City melakukan negosiasi panjang dengan Juventus. Meskipun sempat kesulitan pada awal kedatangannya, Cancelo mulai menemukan sentuhan yang diinginkan Pep Guardiola.

Riyad Mahrez (67,8 juta euro)

Keberhasilan Riyad Mahrez membawa Leicester City juara Premier League membuat radar Manchester City berbunyi kencang. Akhirnya, The Citizens menuntaskan transfer pada musim panas 2018.

Riyad Mahrez sangat berguna bagi Guardiola. Kemampuan mantan pemain Le Havre itu bermain di berbagai posisi menjadi nilai tambah. Selain itu, Mahrez juga kerap menjadi kartu as ketika Man City menghadapi kebuntuan.

Ruben Dias (68 juta euro)

Ruben Dias

Ruben Dias menjadi bek baru Manchester United pada musim ini. Meski perkonomian dunia sedang terpukul karena pandemi virus corona, tetapi Man City tetap memiliki kemampuan memberikan 68 juta euro kepada Benfica.

Ruben Dias diharapkan menjadi palang pintu Manchester City hingga beberapa tahun ke depan. Sejauh ini, penampilan pemain asal Portugal itu cukup stabil.

Kevin De Bruyne (76 juta euro)

Setelah sempat tak diacuhkan Chelsea, Kevin De Bruyne membuat Manchester City jatuh hati. Sejauh ini, ia merupakan pemain termahal yang pernah dibeli Manchester Biru.

Sejak tiba pada musim 2015-2016, Kevin De Bruyne langsung menjelma sebagai motor serangan Manchester City. Dari 257 laga, pemain tim nasional Belgia itu mencatatkan 65 gol dan 105 assist.