AFC Putuskan Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 17 Oktober 2022
AFC Putuskan Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023
Logo Piala Asia. (AFC)

BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Qatar sebelumnya bersaing dengan Korea Selatan dan Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Penunjukkan Qatar juga dikonfirmasi oleh Komite Eksekutif AFC pada hari Senin (17/10). AFC juga menyatakan bahwa India dan Arab Saudi kandidat tuan rumah Piala Asia 2027.

"Kemampuan dan rekam jejak Qatar dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional besar dan perhatian mereka yang detail sangat dikagumi di seluruh dunia," kata Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Sportstar The Hindu.

"Dengan infrastruktur kelas dunia yang ada dan kemampuan hosting yang tak tertandingi, kami yakin bahwa Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise dan status permata mahkota Asia."

Piala Asia 2023 seharusnya digelar di China. Namun China mengundurkan diri karena kebijakan zero-COVID.

AFC kemudian membuka kesempatan asosiasi anggota untuk mengajukan diri. Indonesia, Australia, Korea Selatan, dan Qatar lantas muncul. Australia memilih mundur, sebelum Qatar dipilih.

Qatar sendiri sudah menggelar Piala Asia dua kali pada 1988 dan 2011. Qatar juga menjadi juara edisi terakhir di Uni Emirat Arab (UEA) pada 2019.

Piala Asia 2023 akan menampilkan 24 tim, termasuk Indonesia. Ada kemungkinan digeser dari Juni dan Juli ke akhir 2023 atau awal 2024.

Piala Asia Piala Asia 2023 Qatar Afc Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan