BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengubah titel 12 turnamen naungannya. Termasuk di dalamnya Piala Asia U-16, Piala Asia U-19, Piala Asia U-23, hingga Piala Asia Putri U-16 sampai U-19.

Langkah ini dimulai dari diubahnya titel 'Championship' dalam setiap kejuaraan menjadi 'Cup'. Ada AFC U-23 Championship (Piala Asia U-23), diubah nama kejuaraannya menjadi AFC U-23 Asian Cup.

Lalu perubahan kategori di mana, Piala Asia U-16 menjadi Piala Asia U-17. Begitupun Piala Asia U-19 menjadi Piala Asia U-20.

Ini dimulai pada tahun 2023. Artinya, Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 2020 menjadi edisi terakhir kategori itu.

Kemudian, ada Piala Asia U-16 Putri menjadi Piala Asia U-17 Putri. Begitupun dengan Piala Asia U-19 Putri menjadi Piala Asia U-20 Putri. Ini dimulai pada tahun 2022.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-19 Jalani TC di Kota Split, Kroasia

Enam Hal Dikejar Timnas Indonesia U-19 Pasca Rangkaian Uji Coba di Kroasia

"Kami yakin perubahan tersebut mencerminkan status baru kompetisi dan untuk memperkuat merek dan nilai komersial kompetisi kami, dan manfaat yang signifikan bagi AFC dan Asosiasi Anggota," kata Sekjen AFC Dato' Windsor John dalam rilis resmi.

"Bukan hanya namanya yang akan diubah, AFC sejalan dengan Visi dan Misi kami, akan terus meningkatkan dan berinvestasi di semua kompetisi kami untuk menyediakan platform terbaik bagi talenta Asia di semua tingkatan di tahun-tahun mendatang," sambungnya.

AFC memastikan kejuaraan-kejuaraan edisi 2020 yang ditunda ke 2021 tak akan terkena efek branding ulang.

"Branding ulang terbaru hanya berlaku untuk kejuaraan AFC yang dijadwalkan berlangsung mulai 2021 dan tidak akan mempengaruhi turnamen kelompok usia yang ditunda mulai 2020," tutup pernyataan AFC