BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) bakal mendapat bantuan dari Federasi Sepak Bola Qatar (QFA) dalam rencana menjadikan ASEAN sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Bantuan tersebut akan datang selepas menjalin kerja sama.

Seperti yang dijelaskan oleh Presiden AFF, Mayjen Khiev Sameth, akan ada banyak hal yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Salah satunya pengalaman QFA menjadikan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, yang bisa dijadikan pedoman AFF demi terwujudnya rencana menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

QFA akan memberikan informasi terkait dokumen yang diperlukan untuk menjadi tuan rumah.

Baca Juga:

Tertarik Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Malaysia Ingin Tahu Keseriusan China

FFA Benarkan Kemungkinan Australia dan Indonesia Kejar Status Tuan Rumah Piala Dunia 2034

"QFA telah berhasil memenangkan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia dan kami ingin memanfaatkan kebisaan mereka di bidang tersebut," jelas Khiev Sameth dikutip dari laman AFF.

Kerja sama ini juga sebagai ajang untuk mengembangkan sekaligus promosi sepak bola ASEAN. "Industri sepak bola berkembang pesat dan sangat penting kami beriringan dengan perubahan yang relevan dan menjadi sukses."

"Kemitraan strategis ini memberikan manfaat bagi AFF dan semua Asosiasi Anggota untuk meningkatkan permainan ke level lebih tinggi," sambung Presiden AFF.

Belakangan Indonesia dilaporkan akan maju bersama Australia untuk Piala Dunia 2034. Adapun Malaysia menyatakan ketertarikan ikut serta mewakili ASEAN, namun masih ingin melihat keseriusan China menjadi tuan rumah 2030.

Apabila China menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, pihak Malaysia memperkirakan bahwa FIFA bisa saja memberikan jatah tuan rumah 2034 kepada negara di luar Asia.