Piala AFF Ditunda ke Desember 2021

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 07 Desember 2020
Piala AFF Ditunda ke Desember 2021
Trofi Piala AFF. (affsuzukicup.com)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memutuskan menunda Piala AFF ke Desember 2021. Terakhir ajang dua tahunan di Asia Tenggara itu dijadwalkan April sampai Mei 2021, setelah tak bisa dieksekusi pada akhir 2020.

AFF memutuskan demikian lantaran memprioritaskan kesehatan dan keselamatan. Sekaligus memberi kepastian yang lebih besar kepada seluruh pihak yang akan terlibat, termasuk asosiasi anggota, tim, pemain, ofisial, hingga mitra komersial dan fans.

"Seperti biasa, prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terkait dengan acara tersebut. Karena itu, kami terus memantau perkembangan COVID-19, baik di dalam ASEAN maupun di dunia yang lebih luas, secara berkelanjutan,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth di laman AFF.

“Meskipun ada hasil yang menggembirakan dalam pengembangan vaksin, kami menyadari bahwa proses persetujuan vaksin, serta kepraktisan distribusi dan implementasi program vaksin di seluruh dunia termasuk ASEAN akan memakan waktu," tambahnya.

Baca Juga:

FAM Bantah Timnas Malaysia Akan Mundur dari Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF

Bentrok dengan Kompetisi AFC, Timnas Vietnam Berpotensi Tanpa Kekuatan Terbaik di Piala AFF

Desember 2021 juga dianggap sebagai waktu yang ideal. Mengingat sejumlah agenda besar 2020 turut dipindah ke 2021, membuat jadwal semakin padat.

Diantaranya ada lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, pada Maret 2021. Di mana, 4 anggota AFF tergabung dalam satu grup, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Keempatnya tergabung bersama Uni Emirat Arab (UEA) di Grup G.

"Melihat padatnya jadwal sepak bola untuk tahun 2021, baik internasional maupun domestik yang telah diselenggarakan sejak tahun 2020, menjadikan penyelenggaraan turnamen kami pada bulan Desember sebagai waktu yang ideal,” ucap Khiev Sameth.

“Tanggal baru, mulai 5 Desember hingga 1 Januari 2022, akan memberikan kesempatan terbaik agar ajang dipentaskan dalam format penuh dengan pertandingan kandang dan tandang di babak grup, bukan sistem gugur, dan dengan stadion yang dipenuhi dengan penggemar untuk mendorong dan merayakan tim mereka,” tambahnya.

Piala AFF 2020 Timnas Indonesia AFF Piala aff Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan