BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengumumkan bahwa Piala AFF 2020 akan digelar di Singapura. Turnamen tersebut akan digelar 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Pengumuman ini sekaligus penegasan bahwa Piala AFF 2020 akan digelar dengan format terpusat. Tidak lagi kandang dan tandang seperti sebelumnya.

Format terpusat dianggap aman dan memproteksi kesehatan dan keselamatan semua personel tim.

Baca Juga:

Jadwal Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020

Timnas Indonesia Masuk Grup B Piala AFF 2020 bersama Malaysia dan Vietnam

"Setelah pertimbangan dan diskusi yang ekstensif, Singapura dikukuhkan sebagai tempat turnamen tahun ini oleh Dewan AFF yang bertemu secara virtual pada hari Selasa," tulis di laman AFF.

Tidak ada perubahan pada format kompetisi utama, dengan masing-masing tim memainkan empat pertandingan dalam sistem round robin di babak Grup dan semifinal dan final dimainkan dalam format dua leg.

"Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah PIALA AFF 2020. Kami menerima banyak tawaran menarik dari Asosiasi Anggota kami dan Dewan AFF memiliki keputusan yang sulit untuk memilih antara mereka. Dengan prioritas utama kami adalah kesehatan DAN keselamatan semua orang yang terlibat, pada akhirnya ini adalah faktor penentu saat menilai tawaran. Kami sangat berterima kasih kepada semua Asosiasi Anggota yang telah menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen di masa-masa yang penuh tantangan ini – ini benar-benar menunjukkan semangat kekuatan dan tekad ASEAN dalam menghadapi kesulitan," kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

"Sekarang, dengan keputusan yang dibuat, kami dapat fokus bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura untuk memastikan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan aman dan juga menghidupkan kegembiraan sepak bola dan semangat para penggemar ASEAN," tambahnya.